UPAYA PT GARUDAFOOD PUTRA PUTRI JAYA JAKARTA UNTUK MENDAPATKAN PENERIMAAN PUBLIK MELALUI KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Kasus Kegiatan Buka Puasa Bersama Komunitas Charity Of Children Education Berdasarkan Teori Dramaturgi)

ROEFINAL, CYNTHIA (2014) UPAYA PT GARUDAFOOD PUTRA PUTRI JAYA JAKARTA UNTUK MENDAPATKAN PENERIMAAN PUBLIK MELALUI KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Kasus Kegiatan Buka Puasa Bersama Komunitas Charity Of Children Education Berdasarkan Teori Dramaturgi). Jurnal Ilmu Komunikasi. p.1-13.

[img] Text (Jurnal Skripsi Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (61kB)

Abstract

Organisasi adalah sebuah institusi sosial. Kehidupan organisasi tidak terlepas dari masyarakat di sekitarnya. Masyarakat berperan sebagai pihak eksternal yang memberikan penilaian terhadap apa yang dilakukan oleh organisasi. Hal inilah yang disebut dengan legitimasi yaitu lisensi sosial bagi perusahaan untuk tetap menjalankan operasi bisnis di tengah masyarakat. Kegiatan corporate social responsibility (CSR) menjadi salah satu cara untuk mendapatkannya. Asumsi dalam teori dramaturgi juga digunakan untuk melihat upaya PT GarudaFood dalam mendapatkan penerimaan publik tersebut. PT GarudaFood Putra Putri Jaya Jakarta adalah sebuah perusahaan keluarga yang sejak tahun 2005 mengklaim berkomitmen CSR. Salah satu kegiatan CSR yaitu Buka Puasa Bersama Komunitas Charity Of Children Education (CCE) dijadikan sebagai upaya untuk mendapatkan penerimaan publik. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan kebijakan CSR PT GarudaFood dan kegiatan CSR Buka Puasa Bersama Komunitas CCE serta menganalisis kegiatan CSR tersebut dengan perspektif teori Dramaturgi. Metode penelitian ini adalah studi kasus dan teknik pengumpulan data serta analisis data menggunakan pendekatan kualitatif yaitu wawancara mendalam dan analisis komparatif konstan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa , PT GarudaFood juga membangun image sebagai organisasi yang peduli dan bertanggung jawab pada lingkungan dan diwujdukan melalui rangkaian kegiatan CSR. Kebijakan CSR PT GarudaFood mengacu pada aspek ekonomi dan politik. Selain itu, upaya 2 mendapatkan penerimaan publik diwujudkan melalui kegiatan CSR Buka Puasa Bersama Komunitas Charity Of Children Education (CCE) dengan menampilkan tiga orang aktor dari jajaran top manajerial hingga staff biasa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Organisasi sebagai Institusi Sosial, Penerimaan Publik, Corporate Social Responsibility, Teori Dramaturgi dan PT GarudaFood
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Sep 2014 08:49
Last Modified: 03 Sep 2014 08:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5761

Actions (login required)

View Item View Item