PENGKOMUNIKASIAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK MELALUI WEBSITE PERUSAHAAN

PALMA, KRISTINA RINTIK MUTIARA (2014) PENGKOMUNIKASIAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK MELALUI WEBSITE PERUSAHAAN. Jurnal Ilmu Komunikasi. p.1-15.

[img] Text (Jurnal Skripsi Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada Bank Mandiri dengan melakukan analisis isi kualitatif untuk menganalisis teks dalam website perusahaan yang memuat informasi CSR. Teks tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik riset dokumentasi yang tidak berfokus pada kuantitas teks melainkan terbatas pada teks yang sesuai dengan tujuan penelitian. Peneliti juga melihat struktur pengkomunikasian pesan dalam website perusahaan. Dilihat dari sisi struktur pengkomunikasian pesannya, website perusahaan dapat dikatakan mudah diakses, belum interaktif, bersifat eksklusif, dan informasi yang dikomunikasikan telah mendalam dan komprehensif. Dari sisi isi pesan yang dikomunikasikan, dapat dikatakan belum memenuhi prinsip transparansi. Pengkomunikasian CSR dilakukan oleh Bank Mandiri untuk membangun reputasi. Namun reputasi yang dibangun oleh perusahaan merupakan reputasi yang bersifat simbolisme karena belum memenuhi prinsip transparansi yang mengacu pada prinsip keberlanjutan sesuai dengan standar Global Repoting Initiative. Pengkomunikasian CSR yang dilakukan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan reputasi yang bersifat simbolisme, yaitu membangun kesan baik di mata stakeholder dengan mengemas informasi CSR.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, komunikasi, website perusahaan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Sep 2014 10:31
Last Modified: 03 Sep 2014 10:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5767

Actions (login required)

View Item View Item