MITOLOGI HANTU DALAM IKLAN DI INDONESIA (Kajian Metafora terhadap Iklan – Iklan Televisi Bergenre Horror di Indonesia)

Sulistiono, Yovita Yumeida (2014) MITOLOGI HANTU DALAM IKLAN DI INDONESIA (Kajian Metafora terhadap Iklan – Iklan Televisi Bergenre Horror di Indonesia). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. p1-14.

[img] Text (Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (120kB)

Abstract

Maraknya cerita hantu serta populernya beberapa sosok hantu di kalangan masyarakat dimanfaatkan oleh para pekerja kreatif di bidang iklan untuk menciptakan suatu bentuk komunikasi yang menarik. Penulis melalui penelitian ini akan memperkenalkan mitologi hantudengan menggunakan pendekatan yang berbeda dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Penelitian ini akan fokus terhadap pendekatan mitologi hantu dalam iklan –iklan televisi di Indonesia yang akan ditelaah lebih lanjut dengan menggunakan kajian metafora. Penelitian ini menggunakan metodologi kualititatif interpretif dengan data primer berupa kumpulan video video iklanyang diunduh melalui Youtube dan data sekunder dalam penelitian ini berupa berita-berita, artikel, kasus yang melatar belakangi berkembangnya mitologi hantu di Indonesia. Data – data ini diolah menggunakan teori aspek visual televisi Rossiter dan Percy untuk menemukan pattern pattern tersembunyi kemudian nantinya akan diolah lebih lanjut untuk menemukan retorika metafora menggunakan teori metafora Lakoff Johnson.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mitologi, Mitos, Mistis, Hantu, Iklan Televisi, Metafora
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Sep 2014 11:32
Last Modified: 15 Sep 2014 12:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5771

Actions (login required)

View Item View Item