PENGARUH TINGKAT KETERTARIKAN PADA DESAIN LOGO DAN NAMA MEREK TERHADAP BRAND IMAGE (Studi Eksplanatif Mengenai Pengaruh Tingkat Ketertarikan pada Desain Logo dan Nama Merek terhadap Brand Image Zupparella

Yenata, Sany Tifani (2014) PENGARUH TINGKAT KETERTARIKAN PADA DESAIN LOGO DAN NAMA MEREK TERHADAP BRAND IMAGE (Studi Eksplanatif Mengenai Pengaruh Tingkat Ketertarikan pada Desain Logo dan Nama Merek terhadap Brand Image Zupparella. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman judul)
KOM003715.pdf

Download (735kB)
[img] Text (Bab I)
KOM103715.pdf

Download (306kB)
[img] Text (Bab II)
KOM203715.pdf

Download (123kB)
[img] Text (Bab III)
KOM303715.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (Bab IV)
KOM403715.pdf

Download (1MB)

Abstract

Identitas merek digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan, memperlihatkan dan menerangkan apa produk yang ingin dijual oleh Zupparella. Dua unsur yang ada dalam identitas merek adalah desain logo dan nama merek. Desain logo dan nama merek ini memiliki pengaruh dalam membentuk citra merek (brand image) Zupparella. Oleh karena itu, digunakan teori SMCR dengan konsep desain logo dan nama merek, daya tarik visual dan citra merek untuk menguji pengaruh variabel tingkat ketertarikan pada desain logo dan nama merek terhadap variabel brand image. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif. Sampel sebanyak 80 konsumen dengan menggunakan convinience sampling. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada responden. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment dan uji reliabilitas menggunakan metode alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis correspondence analysis dengan teknik analisis chi square. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua instrumen penelitian valid dan reliabel. Hasil analisis data terdapat pengaruh signifikan terhadap brand image adalah makanan enak dengan nilai sig. 0,003, kekeluargaan nilai sig. 0,000, kesan anak muda nilai sig. 0,002, harga terjangkau nilai sig. 0,008, eksklusif nilai sig. 0,001 dan kesan mewah nilai sig. 0,000, nilai signifikansi tersebut menunjukkan < (0,05). Sedangkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap brand image adalah kesan keceriaan dengan nilai sig. 0,608 > 0,05, artinya bahwa tingkat ketertarikan desain logo dan nama merek tidak berpengaruh signifikan terhadap kesan keceriaan. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa tidak ada image keceriaan pada desain logo dan nama merek. Oleh karena itu, pemilik perlu menambahkan beberapa atribut dalam membuat desain logo dan nama merek yang terkesan ceria.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SMCR, desain logo dan nama merek, brand image, daya tarik visual
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Sep 2014 13:34
Last Modified: 03 Sep 2014 13:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5778

Actions (login required)

View Item View Item