Faktor Yang Mendorong Konsumen Membeli Produk Planet Surf

Nugraheni, Aninda (2014) Faktor Yang Mendorong Konsumen Membeli Produk Planet Surf. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. p1-12.

[img] Text (Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi)
jurnal.pdf

Download (694Kb)

Abstract

Era Global kini memberikan persaingan ketat bagi beberapa merek produk dalam memasarkan produk. Hal mendasar dalam pemasaran produk dengan promosi yang dilakukan. Beberapa produk lokal dapat terkalahkan oleh merek produk luar. Penelitian ini mengenai produk Planet Surf yang merupakan merek luar mempunyai posisioning produk surfing atau beach wear. Planet Surf menjadi pilihan anak muda karena fashionable dan up-to-date. Planet Surf merupakan toko yang menjual pakaian, sepatu, tas, dompet, dan pernak-pernik. Planet Surf ini menjual produk branded, atau produk yang dengan brand yang sudah terkenal seperti Volcom, Quiksilver, Billabong, Roxy, Juice Ematic, DC, Rip Curl, Spyderbilt dan Planet Surf. Planet Surf adalah milik dari PT. Planet Selancar Mandiri bergerak dalam bidang usaha industri garment yang didirikan sejak tahun 1997. Planet Surf hingga kini sudah mencapai lebih dari 35 outlet tersebar di Indonesia. Hal ini memperkuat dugaan akan banyaknya konsumen setia Planet Surf. Berbagai macam faktor dapat mendorong konsumen dalam mengkonsumsi produk Planet Surf. Faktor yang mendorong seperti kualitas, image yang akan disandang bila menggunakan produk tersebut dan sebagainya. Peneliti melakukan penelitian selama dua hari dengan cara mewawancarai konsumen yang telah berbelanja produk Planet Surf. Kesulitan yang dihadapi oleh peneliti adalah tidak semua konsumen bisa diwawancarai atau memberikan jawaban yang lebih detail. Hasil penelitian didapat dari lima orang yang diwawancarai memberikan hasil yang tidak berbeda. Faktor yang mempengaruhi seperti kualitas, fashionable, gambar yang menarik menjadi mayoritas jawaban dari para konsumen yang tengah diwawancara. Hasil penelitian yang didapat bila dikaitkan dengan teori yang telah peneliti tentukan yaitu teori AIDA. Teori AIDA ada empat tahap yaitu tahap Attention (perhatian), Interest (ketertarikan), Desire (minat) dan Action (aksi beli). Attention dalam penelitian didapat hasil para konsumen mendapatkan perhatian dari media cetak seperti banner dan teman. Tahap interest, konsumen tertarik akan produk karena informasi tentang produk yang didapat dari Sales Promotion Boy.Desire, konsumen tidak dapat menolak barang tersebut karena informasi yang didapat pada tahap interest seperti fashionable (up-to-date) dan kualitas yang baik. Tahap terakhir yaitu Action, hasil wawancara ke semua konsumen melakukan aksi beli. Sehingga kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu faktor yang mendorong konsumen membeli produk Planet Surf adalah kualitas, fashionable dan Gambar yang menarik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persaingan, Produk Planet Surf, Penelitian, Faktor
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Sep 2014 13:04
Last Modified: 06 Oct 2014 08:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5790

Actions (login required)

View Item View Item