MOTIVASI MAHASISWA MENJADI JURNALIS DALAM RUBRIK SWARA KAMPUS DI SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT (Studi Kualitatif Terhadap Motivasi Mahasiswa yang Menjadi Jurnalis Dalam Rubrik Swara Kampus di Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat)

Atisomya, Clara Soca (2012) MOTIVASI MAHASISWA MENJADI JURNALIS DALAM RUBRIK SWARA KAMPUS DI SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT (Studi Kualitatif Terhadap Motivasi Mahasiswa yang Menjadi Jurnalis Dalam Rubrik Swara Kampus di Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03507.pdf

Download (508Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03507.pdf

Download (310Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03507.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03507.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03507.pdf

Download (1736Kb)

Abstract

Swara Kampus adalah rubrik yang terdapat pada surat kabar harian Kedaulatan Rakyat, yang memfokuskan diri pada informasi mengenai aktivitas mahasiswa di dunia kampus, khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Rubrik Swara Kampus terbit sejak 2 November 2010 yang ditulis sebanyak 4 halaman dan hanya terbit setiap satu minggu sekali yaitu pada hari Selasa. Rubrik Swara Kampus memberikan pendampingan kepada mahasiswa yang memiliki minat terhadap dunia jurnalistik melalui pelatihan jurnalistik yang diselengggarakan setiap satu bulan sekali. Program tersebut mendapat perhatian yang cukup baik, terbukti dari banyaknya mahasiswa yang mengikuti pelatihan setiap bulannya. Mahasiswa yang menjadi jurnalis dalam Rubrik Swara Kampus mempunyai motivasi masing-masing untuk terus aktif menjadi penulis. Ada lima macam kebutuhan yang menjadi motivasi atau dorongan untuk menjadi jurnalis dalam Rubrik Swara Kampus dalam teori yang dikemukakan oleh Abraham H. Maslow, yaitu kebutuhan fisiologis, rasa aman, kasih sayang, penghargaan dan aktualisasi diri. Selain itu juga didukung dengan tujuh penggerak motivasi yang dikemukakan oleh Sagir, yaitu kinerja (achievement), penghargaan, pengakuan (recognition), tantangan (challenge), tanggungjawab (responsibility), pengembangan (development), rasa ikut terlibat (involvement) dan kesempatan (opportunity). Masing-masing kategori tersebut membuat mahasiswa ingin terus menjadi jurnalis dalam Rubrik Swara Kampus. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan memaparkan hasil penelitian di lapangan menjadi sebuah narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara mendalam. Sehingga dapat diketahui mengenai apa saja motivasi menjadi jurnalis dalam Rubri Swara Kampus. Jurnalis Rubrik Swara Kampus mempunyai empat motivasi dalam menulis, yaitu untuk semakin melatih mereka menjalani profesi sebagai jurnalis, berinteraksi dengan orang lain khususnya sesama penulis, mendapatkan pengakuan bahwa tulisan mereka layak untuk disajikan kepada masyarakat dan untuk mendapatkan keuntungan berupa materi yang secara tidak langsung bisa diperoleh melalui artikel yang dibuat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi, mahasiswa, jurnalis
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 08:20
Last Modified: 01 May 2013 09:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item