PERBAIKAN KUALITAS JASA ASURANSI KENDARAAN DENGAN SERVQUAL DAN QFD

BAWONO, BAJU PERBAIKAN KUALITAS JASA ASURANSI KENDARAAN DENGAN SERVQUAL DAN QFD. [Research]

[img] Text (Penelitian Teknik Industri)
TI62213.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dalam penelitian dimulai dengan usaha untuk mengetahui persepsi, preferensi, dan ekspektasi pelanggan terhadap atribut-atribut desain sistem pelayanan asuransi kendaraan bermotor. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui adanya kesenjangan antara ekspektasi pelanggan dengan persepsi yang diterima pelanggan. Hasil analisis tingkat kepentingan dan uji signifikansi antara nilai preferensi dan persepsi, menunjukkan atribut proses perbaikan kendaraan cepat, tepat, dan berkualitas baik dan atribut pelayanan bantuan selama 24 jam dipilih untuk memasuki tahap desain yang lebih detil karena kedua atribut ini memiliki tingkat kepentingan yang tinggi serta mendukung peningkatan kualitas pelayanan jasa asuransi kendaraan bermotor. Dengan metode QFD (Quality Function Deployment), maka karakteristik teknis, proses, subproses dan spesifikasi fungsi yang diperlukan dalam sistem pelayanan asuransi kendaraan bermotor dapat diketahui. Untuk menghasilkan sistem pelayanan asuransi kendaraan bermotor yang berkualitas, pihak perusahaan harus memiliki prosedur yang baik mulai dari pendaftaran peserta asuransi, penandatanganan akta perjanjian, pembayaran sejumlah dana premi, proses klaim, pemberian ganti rugi/pertanggungan. Dengan penerapan prosedur yang baik seperti dalam tugas akhir ini, serta hasil rancangan sistem pelayanan maka diharapkan sistem pelayanan asuransi kendaraan bermotor akan semakin berkualitas sehingga dapat memenuhi ekspektasi pelanggan.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: asuransi, preferensi, persepsi, ekspektasi, QFD
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Sep 2014 10:00
Last Modified: 23 Mar 2015 11:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5897

Actions (login required)

View Item View Item