Wijaya, Zendy Tedja (2013) Penyusunan dan Implementasi Strategi Branding Produk Kuliner dalam Membentuk Brand Knowledge sebagai Oleh-Oleh Khas Kabupaten Madiun (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Penyusunan dan Implementasi Strategi Branding Brem “Tongkat Mas” dalam Membentuk Brand Knowledge sebagai Brem Khas Kabupaten Madiun). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
KOM003866.pdf Download (8MB) |
|
Text (Bab I)
KOM103866.pdf Download (374kB) |
|
Text (Bab II)
KOM203866.pdf Download (581kB) |
|
Text (Bab III)
KOM303866.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab IV)
KOM403866.pdf Download (424kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana melalui penyusunan dan implementasi strategi branding brem Tongkat Mas dapat membentuk brand knowledge sebagai brem khas Kabupaten Madiun. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara faktual dimana peneliti bertindak sebagai pengamat, membuat kategori perilaku, mengamati gejala dan mencatatnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah in-depth interview dan observasi. Narasumber merupakan owner dari brem Tongkat Mas, konsumen Tongkat Mas serta kepala dinas perindustrian dan koperasi Kabupaten Madiun. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pedoman dari Tongkat Mas berasal dari visi yang dimiliki owner Tongkat Mas. Dalam mengimplemetasikan brandingnya, Tongkat Mas menggunakan beberapa media komunikasi yang dibuat berdasarkan ide owner brem Tongkat Mas. Mulai dari kelengkapan blue print hingga brand culturalization dalam bentuk SOP karyawan juga coba diimplementasikan oleh Tongkat Mas. Tidak hanya dalam hal promosi, peningkatan juga dilakukan dari sisi produk dan distribusi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jika owner Tongkat Mas menyadari aktivitas branding merupakan suatu kegiatan yang cukup penting bagi mereknya, namun sayang kegiatan tersebut belum sepenuhnya dilaksanakan secara maksimal dan sederhana. Saran yang dapat diberikan ialah dengan lebih memperhatikan strategi komunikasi pemasaran serta fokus pada kegiatan branding yang dilakukan sehingga brand knowledge dapat terbentuk maksimal
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Branding, Doktrin Brand Strategy, Brand Knowledge |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 Sep 2014 13:57 |
Last Modified: | 29 Sep 2014 13:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5915 |
Actions (login required)
View Item |