Peran Kredibilitas Endorser Terhadap Citra Brand Online Shop (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Kredibilitas Endorser Reds Warung Merchandise dengan Pemain Persiba Bantul pada Seri Print Ad Facebook “Mereka Juga Kita” terhadap Citra Online Shop Reds Warung Merchandise)

Sulistya, Dwi Mei (2012) Peran Kredibilitas Endorser Terhadap Citra Brand Online Shop (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Kredibilitas Endorser Reds Warung Merchandise dengan Pemain Persiba Bantul pada Seri Print Ad Facebook “Mereka Juga Kita” terhadap Citra Online Shop Reds Warung Merchandise). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03635.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03635.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03635.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03635.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03635.pdf

Download (952kB) | Preview

Abstract

Selain menggunakan media periklanan, produsen atau brand juga menggunakan endorser dalam mempromosikan atau mengenalkan produknya kepada khalayak. Para pengiklan dan biro iklan bersedia membayar mahal untuk selebriti yang disukai khalayak karena secara tidak langsung akan mempengaruhi perilaku dari konsumen terhadap produk yang diiklankan. Apa yang ada di dalam celebrity endorser bukan hanya pemanis tetapi juga menjadi faktor pemicu yang dapat menambah value pada konsumen. Seorang celebrity endorser harus memiliki kredibilitas (credibility), daya tarik (attractiveness) dan kekuatan (power) untuk mencapai komunikasi yang mengena. Penggunaan endorser seorang pemain sepakbola profesional dari klub Persiba Bantul pada seri iklan print ad Reds warung Merchandise (RWM), menjadi faktor yang mampu membangun citra brand online shop tersebut. Tidak adanya official merchandise resmi dari manajemen membuat RWM selalu berusaha meningkatkan citra sebagai support merchandise terdepan untuk Persiba Bantul melalui sosial media. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lima responden yakni pelanggan RWM yang mempunyai karakter dan kelebihan masing-masing. Wawancara dilakukan secara online melalui fasilitas facebook chat yang bertujuan menyelaraskan dengan tema online shop yang diangkat. Menggunakan metode tersebut diharapkan mampu mengetahui peran kredibilitas endorser RWM dengan menggunakan pemain Persiba Bantul terhadap citra sebagai support online shop Persiba Bantul. Pada akhirnya, RWM dengan kualitas barang dan kepercayaan pelanggan yang telah dimiliki mampu menjadi brand terdepan sebagai support merchandise Persiba Bantul. Keberadaan iklan Seri yang dibintangi pemain Persiba Bantul melalui kredibilitasnya berfungsi menguatkan citra support merchandise yang melekat tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kredibilitas endorser, online shop, brand image
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 09:46
Last Modified: 01 May 2013 12:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item