Pengaruh Brand Equity terhadap Pembelian Ulang Produk (Studi Eksplanatif Kuantitatif Perbandingan antara Eiger dan Rei pada Mahasiswa Pecinta Alam di Yogyakarta)

Irawan, Novan Catur (2012) Pengaruh Brand Equity terhadap Pembelian Ulang Produk (Studi Eksplanatif Kuantitatif Perbandingan antara Eiger dan Rei pada Mahasiswa Pecinta Alam di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03636.pdf

Download (3386Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03636.pdf

Download (1077Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03636.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1995Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03636.pdf

Download (1795Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand equity terhadap pembelian ulang produk pada mahasiswa pecinta alam (MAPALA) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis dilakukan terhadap dua merek produk outdoor yaitu Eiger dan Rei. Penelitian ini menggunakan teori mengenai brand equity dan teori mengenai perilaku konsumen khususnya mengenai perilaku pembelian ulang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif-komparatif (kuantitatif). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa pecinta alam (MAPALA) pada universitas negeri ataupun swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik quota sampling. Sub-populasi dipilih secara acak dan penentuan jumlah sampel dihitung berdasarkan probabilitas proporsional menurut ukuran tiap sub-populasi sehingga tiap sub-populasi mendapat peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Pengukuran data yang digunakan adalah skala Likert dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana untuk uji pengaruh dan teknik perbandingan nilai rata-rata menggunakan independent sample test untuk menilai rata-rata dan membandingkan brand equity kedua merek. Berdasarkan hasil uji pengaruh terbukti bahwa variabel brand equity Eiger berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian ulang produk dan hubungan antara kedua variabel tersebut adalah sedang. Begitu juga pada merek Rei, variabel brand equity Rei berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian ulang produk dan hubungan antara kedua variabel tersebut adalah sedang. Berdasarkan nilai R, R Square dan konstanta Rei yang lebih besar daripada Eiger, dapat disimpulkan bahwa peran brand equity Rei dalam mempengaruhi perilaku pembelian ulang lebih besar daripada brand equity Eiger dibandingkan faktorfaktor selain brand equity. Namun berdasarkan hasij uji beda, perbedaan nilai regresi antara Eiger dan Rei tidak signifikan atau tidak jauh perbedaannya. Berdasarkan hasil penilaian terhadap elemen brand equity Eiger dan Rei, brand awareness keduanya termasuk kategori baik, kesesuain brand association termasuk kategori tinggi, penerimaan perceived quality termasuk kategori tinggi dan brand loyalty termasuk kategori baik. Kesimpulannya brand equity kedua merek tergolong kuat, namun Eiger lebih unggul dibandingkan Rei baik pada brand equity secara utuh maupun pada setiap elemen brand equity.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: brand equity, pembelian ulang
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 09:51
Last Modified: 01 May 2013 10:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item