BUDAYA ORGANISASI PADA HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT (HRD) PT. GRAMEDIA MAJALAH (GROUP OF MAGAZINE) (Studi Perbandingan dengan Penerbit Kanisius dan Majalah SWAsembada)

Asmaranda, Lucia Wide Lentera (2012) BUDAYA ORGANISASI PADA HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT (HRD) PT. GRAMEDIA MAJALAH (GROUP OF MAGAZINE) (Studi Perbandingan dengan Penerbit Kanisius dan Majalah SWAsembada). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0SOS02676.pdf

Download (920Kb)
[img] Text (Bab I)
1SOS02676.pdf

Download (200Kb)
[img] Text (Bab II)
2SOS02676.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212Kb)
[img] Text (Bab III)
3SOS02676.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210Kb)
[img] Text (Bab IV)
4SOS02676.pdf

Download (3337Kb)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong perusahaan PT. Gramedia Majalah untuk mampu bersaing antar perusahaan dalam lingkup lokal maupun global. Salah satu strategi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat adalah bagaimana perusahaan dapat menerapkan secara maksimal budaya organisasi perusahaan kepada karyawan secara turun temurun. Alasan ini yang mendasari suatu perusahaan dapat bertahan dalam persaingan dengan perusahaan kompetitor lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam Karya Tulis Ilmiah ini adalah Metode penelitian Studi Kepustakaan atau Literatur, dengan cara mengumpulkan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, Literatur, catatancatatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang sedang dipecahkan. (Moloeng:2002) Dari hasil Analisis diketahui bahwa PT. Gramedia Majalah telah mempunyai budaya organisasi yaitu keterbukaan, profesionalisme dan kebersamaan. Dimana Budaya organisasi tersebut banyak memiliki kesamaan dengan budaya organisasi yang dimiliki oleh perusahaan pembanding, selain kesamaan yang dimiliki terdapat juga perbedaan dalam penerapan konsep karakteristik budaya organisasi. Adapun konsep yang berbeda tersebut adalah karakteristik budaya organisasi Unit Integration dan Nilai-nilai yang dominan. Kesimpulan dari analisis di atas, bahwa budaya organisasi perusahaan pada PT. Gramedia Majalah dibandingkan dengan perusahaan lain banyak memiliki kesamaan, selain itu terdapat juga perbedaan dalam penerapan karakteristik budaya organisasi unit integration dan nilai-nilai yang dominan. PT. Gramedia Majalah selalu menerapkan Budaya organisasi yang dimiliki oleh perusahaan secara turun temurun pada karyawannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Human Resources Development (HRD), karakteristik budaya organisasi, unit integration dan nilai-nilai yang dominan.
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 12:03
Last Modified: 01 May 2013 13:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item