PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009 - 2012)

Isyanto, Silviana (2014) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009 - 2012). Jurnal Ekonomi Akuntansi. p1-15.

[img] Text (Jurnal Ekonomi Akuntansi)
KARYA ILMIAH.pdf

Download (816Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah perusahaan berkontribusi terhadap corporate social responsibility cenderung menghindari tindakan manajemen laba melalui Real Activity Manipulation sehingga menghasilkan kualitias laba yang lebih baik atau sebaliknya.Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama tahun 2009-2012. Pemilihan sampel menggunakanmetode purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 218 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji F-statistik, dan uji t-statistik. Berdasarkan pengujian hipotesis,terbukti bahwa perusahaan yang berkontribusi terhadap CSR cenderung untuk menghindar atau tidak melakukan manajemen laba melalui Real Activity Manipulation, dengan demikian kualitas laba perusahaan semakin baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, kualitas laba, manajemen laba, Real Activity Manipulation
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Oct 2014 09:20
Last Modified: 29 Oct 2014 09:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6169

Actions (login required)

View Item View Item