Laksma Paramestha, Dominico (2014) PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK KASUS CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN LOAD BALANCING. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TI006178.pdf Download (533kB) |
|
Text (Bab I)
TI106178.pdf Download (215kB) |
|
Text (Bab II)
TI206178.pdf Download (451kB) |
|
Text (Bab III)
TI306178.pdf Download (150kB) |
|
Text (Bab IV)
TI406178.pdf Download (774kB) |
|
Text (Bab V)
TI506178.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab VI)
TI606178.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
|
Text (Bab VII)
TI706178.pdf Download (337kB) |
Abstract
Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan kasus distribusi untuk mencari rute distribusi ke beberapa konsumen dengan beberapa kendaraan yang memiliki kapasitas yang sama. Solusi yang ada pada umumnya menghasilkan rute yang meminimumkan ongkos perjalanan. Pada penelitian terdahulu untuk kasus CVRP, keseimbangan beban kerja (load balancing) kurang diperhatikan, antara lain terlihat pada besarnya rentang load kendaraan. Best Known Solution (BKS) untuk CVRP mencatat nilai objektif yang paling kecil dari penelitian CVRP yang telah ada, namun dari data BKS load kendaraan yang dihasilkan menunjukan rentang load kendaraan yang tinggi cukup tinggi. Sehingga diperlukan solusi yang mampu menghasilkan rute untuk CVRP yang meminimumkan ongkos perjalanan sekaligus meminimalkan rentang load kendaraan atau bisa disebut Capacitated Vehicle Routing Problem with Load Balancing (CVRPLB). Pada penelitian ini load balancing didefinisikan sebagai rentang load kendaraan yang minimum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan program yang mampu menghasilkan rute untuk CVRP yang meminimumkan ongkos perjalanan sekaligus meminimumkan rentang load kendaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multi-objective Particle Swarm Optimization (MOPSO). MOPSO merupakan pengembangan dari PSO yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan kasus dengan 2 atau lebih fungsi tujuan. Program yang dibuat dituliskan dengan bahasa pemrograman C#. Algoritma MOPSO sudah dituliskan dalam library M3PSO yang merupakan produk dari ET-Lib sehingga penulis hanya perlu melakukan penyesuaian algoritma MOPSO dalam menyelesaikan kasus CVRPLB. Program dijalankan dengan beberapa percobaan dengan mengubah jumlah kendaraan untuk mendapatkan solusi yang feasible sehingga dapat dibandingkan dengan BKS untuk melihat kualitas dari solusi. Solusi akan dianggap baik jika rute yang dihasilkan memiliki ongkos perjalanan yang tidak jauh berbeda dengan BKS dengan rentang load kendaraan yang lebih kecil dan sebaliknya. Sehingga pada akhirnya program yang dihasilkan dalam penelitian ini dapat menjadi tools untuk membantu mengambil keputusan dalam memilih rute distribusi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Distribusi, Capacitated Vehicle Routing Problem, Multi-Objective Optimization, Particle Swarm Optimization, Load Balancing |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 14 Nov 2014 08:40 |
Last Modified: | 14 Nov 2014 08:40 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6295 |
Actions (login required)
View Item |