Fredina, Ester (2014) Opini Masyarakat Padukuhan Tambakbayan Terhadap Proyek Pembangunan Sahid Yogya Lifestyle City. Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-28.
Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
JURNAL SKRIPSI __ Ester Fredina __ Kom __ 100904133.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Pembangunan pusat-pusat perbelanjaan seperti hotel, apartemen mall dan supermarket, hingga penambahan dan perbaikan berbagai infrastruktur yang makin marak sejak tahun 2012 yang lalu mengindikasikan pertumbuhan kota yang dinamis sebagai bagian dari modernisasi Yogyakarta. Namun pembangunan berskala massive dan massal ini banyak menimbulkan berbagai opini baik opini pro maupun opini kontra dari berbagai kalangan masyarakat. Pembahasan masalah opini publik ini merupakan salah satu hal yang mendasar bagi pekerjaan seorang praktisi Public Relations. Bahkan hubungan yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi manapun didunia ini tidak lepas dari munculnya opini publik. Publik yang dimaksud bisa jadi masyarakat luas, namun bisa juga publik dalam arti khusus seperti stakeholder atau komunitas. Masyarakat sekitar organisasi atau komunitas organisasi memiliki kekuatan yang dapat berpengaruh pada kelangsungan hidup organisasi. Berawal dari sebuah isu, masyarakat atau komunitas dapat menggunakan kekuatan/powernya untuk menghentikan aktivitas perusahaan. Kenyataan ini menjelaskan bahwa organisasi tidak bisa begitu saja melupakan peran komunitas. Munculnya sikap pro dan kontra dari proyek pembangunan Sahid Yogya Lifestyle City (SYLC), membuat peneliti tertarik untuk mengetahui opini penduduk Padukuhan Tambakbayan terhadap proyek tersebut. Asumsinya masyarakat yang berdekatan lokasinya dengan proyek Sahid YLC adalah yang paling terkena dampak proyek tersebut. Opini yang diharapkan dapat dilihat berdasarkan indikator yang terdiri atas cognitive, affective, dan behaviour. Sehingga akan membentuk opini masyarakat seperti positif, netral maupun negatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke masyarakat Padukuhan Tambakbayan dan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan wawancara dengan perwakilan pihak Sahid Yogya Lifestyle City. Teknik analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa opini masyarakat Padukuhan Tambakbayan terhadap proyek pembangunan Sahid Yogya Lifestyle City adalah netral dan dipengaruhi oleh pendekatan emosi atau emotional appeal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Opini, Opini Publik, Publik, Masyarakat, Komunitas |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Dec 2014 08:41 |
Last Modified: | 19 Dec 2014 08:41 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6432 |
Actions (login required)
View Item |