KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA (Studi Kasus Di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma)

SIMBOLON, J.M. RABOWO M.T (2014) KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA (Studi Kasus Di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-15.

[img] Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (709kB)

Abstract

Organisasi memiliki filosofi dasar yang memuat keyakinan, norma-norma, dan nilai-nilai bersama yang menjadi karakteristik inti tentang bagaimana cara melakukan sesuatu dalam organisasi. Universitas sebagai sebuah organisasi mulai menyadari pentingnya public relations dalam kebutuhan untuk publikasi. Oleh sebab itu, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), dan Universitas Sanata Dharma (USD) merasa bahwa Humas merupakan bagian penting dalam universitas. Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana praktisi Humas di empat universitas ini memahami konsep public relations. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan pemahaman praktisi Humas mengenai apa itu konsep public relations sendiri. Konsep public relations yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi definisi, fungsi, peran dan aktivitas public relations. Data-data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara dengan Humas di masing-masing universitas. Wawancara dilakukan terhadap kepala kantor Humas di masingmasing universitas dan juga dengan staf di kantor Humas untuk menambah data hasil temuan. Kemudian penulis juga meminta dokumen-dokumen terkait dengan kinerja Humas sebagai bahan triangulasi data. Mengacu kepada hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka didapatkan data bahwa secara umum, Humas di empat universitas memiliki pemahaman yang hampir sama terkait dengan konsep public relations meskipun disampaikan dengan kalimat yang berbeda-beda. Public relations dipahami sebagai pihak yang memiliki tugas untuk menjaga dan mempertahankan citra organisasi yang baik. Perbedaan pemahaman konsep public relations yang cukup terlihat hanya pada peran public relations dimana Humas di universitas negeri memahami peran public relations untuk mewujudkan fungsi public relations, sementara Humas universitas swasta memahami peran public relations lebih kepada fasilitator komunikasi. Dari hasil analisis dijelaskan bahwa kesamaan pemahaman ini disebabkan perkembangan jaman dan teknologi yang menjadikan kebutuhan universitas negeri maupun swasta menjadi sama

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: public relations, Humas, Universitas Negeri, Universitas Swasta
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jan 2015 13:25
Last Modified: 05 Jan 2015 13:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6457

Actions (login required)

View Item View Item