Iswari, Agnes Anastasia (2014) Keterkaitan Motivasi Untuk Terlibat Dan Konsep Diri Anggota Harley Davidson Club Indonesia Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-15.
Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
E-Journal.pdf Download (816kB) |
Abstract
Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Yogyakarta sebagai komunitas yang menyebut dirinya organisasi, telah menempatkan dirinya pada organisasi non profit. Karena tiap anggota adalah aset terpenting yang dimiliki oleh komunitas, maka terlibatnya anggota masuk ke organisasi menarik untuk diteliti. Seperti organisasi non profit lainnya, untuk bergabung dan terlibat ke dalam organisasi HDCI Yogyakarta ini, anggota organisasi diwajibkan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Tentu hal ini membutuhkan pengorbanan dari anggota HDCI Yogyakarta. Dari berbagai pengorbanan yang dilakukan, masing-masing anggota HDCI Yogyakarta memiliki suatu motivasi yang menyebabkan mereka terlibat dalam organisasi. Kebutuhan dianggap sebagai hal yang paling penting digunakan untuk memahami motivasi, sebab kebutuhan merupakan kekuatan utama seseorang dalam memiliki motivasi. Dalam perspektif anggota organisasi, pemahaman akan motivasi dan konsep diri anggota organisasi merupakan bagian yang penting dalam konteks komunikasi organisasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterkaitan motivasi untuk terlibat dan konsep diri anggota Harley Davidson Club Indonesia Yogyakarta. Sehingga, dapat diketahui seperti apa motivasi anggota HDCI Yogyakarta terlibat di organisasi tersebut, konsep dirinya, serta keterkaitan antara keduanya. Pada akhirnya, diketahui bahwa anggota Harley Davidson Club Indonesia Yogyakarta terlibat di dalam organisasi tersebut termotivasi oleh kebutuhan yang ingin dipenuhinya, sesuai dengan konsep dirinya. Bahkan, beberapa anggota HDCI Yogyakarta juga menempatkan pandangan mengenai pentingnya organisasi tersebut dapat menambah konsep dirinya ke arah yang diinginkannya. Sehingga, pada penelitian ini, ditemukan bahwa motivasi yang mendasari keterlibatan merupakan bentuk upaya pemenuhan kebutuhan dan nilai yang merupakan refleksi dari konsep diri.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Terlibat, Kebutuhan, Konsep diri |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 08:44 |
Last Modified: | 06 Jan 2015 08:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6459 |
Actions (login required)
View Item |