Pengaruh Terpaan Media Online Wolipop.com Terhadap Pengetahuan Tentang Dunia Gaya Dan Kecantikan Pada Member Facebook Alumni SMA Stella Duce I Angkatan 2009

Dewantary, Arwindha Putry (2014) Pengaruh Terpaan Media Online Wolipop.com Terhadap Pengetahuan Tentang Dunia Gaya Dan Kecantikan Pada Member Facebook Alumni SMA Stella Duce I Angkatan 2009. Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-15.

[img] Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (726Kb)

Abstract

Pemenuhan kebutuhan akan informasi saat ini sangat penting bagi khalayak. Perkembangannya yang semakin canggih, melalui munculnya media online dengan jaringan internet dirasa sangat mampu membantu khalayak untuk mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan. Kehadiran media online menawarkan berbagai kemudahan dalam mengakses cepat, serta tampilannya yang menarik membuat khalayak lebih memilih untuk mencari informasi apapun baik dari segi berita hingga kebutuhan akan fashion melalui media online. Perempuan diidentifikasikan dengan konsumsi, dalam penelitian ini konsumsi massa, dimana pergeseran peran pun terjadi, sehingga banyak perempuan kini yang bekerja dan memiliki aktivitas serta mobilitas yang tinggi namun tetap ingin selalu tampil menarik dan up to date dengan segala informasi tentang dunia gaya dan kecantikan. Menyikapi hal tersebut, kini muncul situs berita online yang membahas tentang dunia perempuan baik segi gaya maupun kecantikan, Wolipop.com. Objek penelitian dipilih member facebook alumni SMA Stella Duce 1 Yogyakarta angkatan 2009, karena memang sesuai dengan target yang disasar, yaitu perempuan yang mengakses media online wolipop.com dan selalu ingin meng-update informasi mengenai dunia gaya dan kecantikan. Hasil penelitian yang diperoleh, terdapat pengaruh terpaan media online Wolipop.com terhadap pengetahuan tentang dunia gaya dan kecantikan pada member facebook alumni SMA Stella Duce 1 Yogyakarta angkatan 2009. Terpaan media online Wolipop.com tersebut mampu menjelaskan pengetahuan responden tentang dunia gaya dan kecantikan sebesar 16,4%, sedangkan sisanya sebesar 83,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diteliti. Selain itu, faktor individu dan sosial pun juga mempengaruhi terpaan media online terhadap pengetahuan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Terpaan media, media Online, pengetahuan gaya dan kecantikan
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jan 2015 08:06
Last Modified: 12 Jan 2015 08:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6480

Actions (login required)

View Item View Item