WIJOWARASTRO, HARYORACHMANTYO (2014) PENGARUH ELEMEN KOMUNITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Eksplanatif Kuantitatif tentang Pengaruh Elemen Komunitas Merek 3 Foil Indonesia terhadap Loyalitas Merek Sepatu Adidas Originals pada Anggota Komunitas 3 Foil Indonesia). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-15.
Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
JURNAL SKRIPSI.pdf Download (713kB) |
Abstract
Persaingan pasar industri sepatu kini semakin ketat dan membuat para produsen sepatu untuk mempertahankan para konsumennya untuk selalu loyal terhadap mereknya. Komunitas merek merupakan suatu fenomena yang kini marak muncul sebagai wadah bagi para konsumen suatu merek tertentu. Komunitas merek bisa lahir dari perusahaan itu sendiri ataupun berasal dari inisiatif para konsumen loyalnya. Penelitian ini berupaya menjawab bagaimana elemen-elemen dalam komunitas merek bisa mempengaruhi loyalitas merek dari para anggota komunitasnya. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 17.0. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner on-line dan cetak yang diisi oleh para anggota komunitas merek Adidas, 3 FOIL.ID di Indonesia. Metode kuesioner digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh elemen-elemen komunitas merek 3 Foil Indonesia terhadap loyalitas merek anggotanya sehingga para anggota komunitas merek 3 Foil Indonesia bisa setia menggunakan produk sepatu merek Adidas Originals. Kuesioner yang disebar sejumlah 100 kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan dari kelima variabel elemen komunitas merek, yaitu legitimasi (legitimacy), loyalitas merek oposisi (oppositional brand loyalty), merayakan sejarah merek (celebrating the history of brand), berbagi cerita merek (sharing brand stories), serta integrasi dan mempertahankan anggota (integrating and retaining member) secara simultan mampu mempengaruhi loyalitas merek. Secara individu variabel merayakan sejarah merek, berbagi cerita merek, dan integrasi dan mempertahankan anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, sedangkan legitimasi dan loyalitas merek oposisi terbukti tidak positif dan signifikan dalam mempengaruhi loyalitas merek
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas merek, brand community. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 13 Jan 2015 08:40 |
Last Modified: | 13 Jan 2015 08:40 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6488 |
Actions (login required)
View Item |