Gunawan, Vera Amelya (2014) Pola Komunikasi Interpersonal Dalam Proses Pembimbingan Skripsi (Studi Kasus Pada Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-15.
Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
Jurnal.pdf Download (678kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pola komunikasi interpersonal dalam proses pembimbingan skripsi oleh dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi interpersonal dalam proses pembimbingan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi kasus untuk mengumpulkan data. Data yang peneliti peroleh adalah data wawancara tatap muka dengan dosen pembimbing skripsi yang menjadi informan dalam penelitian ini berjumlah 18 orang. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa dosen pembimbing skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki pola yang sama. Pola komunikasi interpersonal dalam proses pembimbingan skripsi tersebut adalah pola bebas (all channel) yang dalam proses komunikasinya terdapat keterbukaan, kejujuran, dan ada proses timbal balik. Begitu juga dalam proses pembimbingan skirpsi, dosen memiliki aspek keterbukaan, empati, perilaku suportif, sikap positif, dan kesetaran dalam proses pembimbingan skripsi sehingga proses pembimbingan skripsi tersebut dapat meningkatkan hubungan antara dosen pembimbing dan mahasiswa serta untuk menunjang jalannya proses pembimbingan sehingga dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Pola Bebas (All Channel), Komunikasi Interpersonal, Pembimbingan Skripsi |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 14 Jan 2015 09:47 |
Last Modified: | 14 Jan 2015 09:47 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6499 |
Actions (login required)
View Item |