Opini Publik Mengenai Kampanye Politik Dan Tingkat Elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Analisis Isi Deskriptif Kolom Komentar Kompas.com Pada Pemilu Legislatif 2014)

Salim, Mega Putri (2014) Opini Publik Mengenai Kampanye Politik Dan Tingkat Elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Analisis Isi Deskriptif Kolom Komentar Kompas.com Pada Pemilu Legislatif 2014). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-15.

[img] Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
Jurnal Ilmiah.pdf

Download (806kB)

Abstract

Kampanye politik dilaksanakan partai politik untuk memperoleh opini publik yang positif dan elektabilitas partai yang tinggi. Tahun 2014 merupakan tahun pemilu. Salah satu peserta pemilu legislatif adalah PDI Perjuangan. PDI Perjuangan memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan partai lain berdasarkan quick count Kompas yaitu 19,24%. Opini publik mengenai kampanye PDI Perjuangan seharusnya sesuai dengan elektabilitas partai. Hal tersebut dijelaskan Leon Festinger dalam Teori Konsistensi. Teori ini menjelaskan bahwa sikap seseorang akan konsisten dengan perilakunya. Sikap dapat dilihat dari arah opini publik mengenai kampanye politik, sedangkan perilaku dapat dilihat dari tingkat elektabilitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui arah opini publik mengenai kampanye politik dan elektabilitas PDI Perjuangan. Peneliti menggunakan metode analisis isi untuk mengetahui arah opini publik di kolom komentar Kompas.com periode 16 Maret – 6 April 2014. Komponen kampanye yang dianalisis adalah sumber kampanye dan pesan kampanye. Arah opini publik dalam penelitian ini adalah menyenangkan, tidak menyenangkan, dan netral. Temuan data peneliti menunjukkan arah opini publik mengenai kampanye partai ini adalah menyenangkan, yang berarti publik menyukai kampanye PDI Perjuangan. PDI Perjuangan juga memenangkan pemilu dengan perolehan elektabilitas 18,95%. Temuan data peneliti menunjukkan arah opini publik yang menyenangkan sesuai dengan elektabilitas partai yang tinggi dibandingkan partai lain

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kampanye politik, opini publik, elektabilitas, Teori Konsistensi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Jan 2015 08:55
Last Modified: 15 Jan 2015 08:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6507

Actions (login required)

View Item View Item