PENGARUH MEDIA PLACEMENT IKLAN LUAR RUANG TERHADAP TINGKAT BRAND AWARENESS (Penelitian Eksperimental tentang Pengaruh Media Placement Iklan Luar Ruang di Sepanjang Jalan Gejayan terhadap Tingkat Brand Awareness)

SAPUTRA, ANDAMAWIJAYA BAKTI (2014) PENGARUH MEDIA PLACEMENT IKLAN LUAR RUANG TERHADAP TINGKAT BRAND AWARENESS (Penelitian Eksperimental tentang Pengaruh Media Placement Iklan Luar Ruang di Sepanjang Jalan Gejayan terhadap Tingkat Brand Awareness). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-8.

[img] Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Placement Iklan Luar Ruang Terhadap Tingkat Brand Awareness (Penelitian Eksperimental Pengaruh Media Placement Iklan Luar Ruang Terhadap Tingkat Brand Awareness). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media placement terhadap tingkat brand awareness mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) dan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan dimoderatori oleh variabel iklan luar ruang dan jenis iklan luar ruang. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan studi eksplanatif dengan metode penelitian eksperimen jenis Posttest-Only Control Design. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 40 orang dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen untuk mahasiswa FISIP UAJY (20 orang) dan kelompok kontrol untuk mahasiswa UGM (20 orang). Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel media placement (X) terhadap tingkat brand awareness responden dengan dimoderatori oleh variabel iklan luar ruang (Z) dan jenis iklan luar ruang (Z1). Teknik pengukuran data yang digunakan adalah skala Likert, sedangkan analisis data yang digunakan adalah Korelasi Contingency C, Analisis Regresi serta Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil uji validitas, terdapat satu instrumen yang dinyatakan tidak valid sedangkan sisanya menghasilkan koefisien korelasi lebih besar dari 0,3120 dan dinyatakan valid. Uji reliabilitas menghasilkan nilai lebih besar dari 0,6. Disimpulkan bahwa media placement (X) tidak berpengaruh terhadap tingkat brand awareness (Z) responden dengan nilai R sebesar 0,261 (26,1%) dengan nilai sig. 0,104. Begitu juga setelah dimoderatori oleh Jenis Iklan Luar Ruang (Z1), tidak ada pengaruh media placement (X) terhadap brand awareness (Z) responden dengan nilai R sebesar 0,261 (26,1%) dan nilai sig. 0,271. Variabel media placement (X) berpengaruh terhadap tingkat brand awareness ketika dimoderatori oleh variabel Iklan Luar Ruang (Z) dengan nilai R sebesar 0,495 (49,5%) dan nilai sig. 0,006. Sehingga dengan adanya variabel moderator iklan luar ruang, media placement dapat mempengaruhi tingkat brand awareness responden.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media placement, iklan luar ruang, brand awareness, eksperimental, media luar ruang
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Jan 2015 10:16
Last Modified: 15 Jan 2015 12:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6513

Actions (login required)

View Item View Item