LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN X-MALL DI YOGYAKARTA

DIANA, TAMARA HAPPY (2012) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN X-MALL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TA12853.pdf

Download (1658Kb)
[img] Text (Bab I)
1TA12853.pdf

Download (586Kb)
[img] Text (Bab II)
2TA12853.pdf

Download (612Kb)
[img] Text (Bab III)
3TA12853.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2238Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TA12853.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2773Kb)
[img] Text (Bab V)
5TA12853.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8Mb)
[img] Text (Bab VI)
6TA12853.pdf

Download (21Mb)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang meningkat dalam tujuh (7) tahun terakhir menciptakan peningkatan jumlah kaum mapan di Indonesia yang menyebabkan akselerasi pertumbuhan ekonomi yang akhirnya merubah tuntutan dan perkembangan ekonomi menjadi suatu fenomena yang membawa gejala perubahan yang meningkatkan pola hidup dan konsumsi masyarakat Indonesia. Sarana perbelanjaan berwujud shopping mall menjadi kebutuhan nyata masyarakat perkotaan yang tak hanya sekadar untuk mewadahi kegiatan berbelanja namun juga menjadi wadah untuk memenuhi kebutuhan rekreasi, berkegiatan sosial, dan sebagai bagian dari gaya hidup modern yang pada akhirnya mendorong terjadinya revolusi perilaku yang mengakibatkan investor maupun peritel berekspansi melalui berbagai cara untuk memberikan kepuasan konsumen dan menghindari kejenuhan pasar sehingga menyebabkan perubahan tuntutan bangunan sarana perbelanjaan menjadi berbagai ragam di tengah perubahan masyarakat sehingga menimbulkan angka pertumbuhan shopping mall yang fantastis dari tahun ke tahun terutama pada kotakota di Indonesia. Oleh karena itu, untuk menjawab kebutuhan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat diperlukan wadah berupa Shopping Mall yang Mutatif di Yogyakarta. Adapun, daya tarik merupakan kunci utama keberhasilan suatu shopping mall agar dapat menjadi magnet sebuah kota dan merupakan aspek penting untuk menjaring ketertarikan calon pengunjung dan kesetiaan pengunjung yang merupakan modal utama keberhasilan suatu sarana perbelanjaan modern. Oleh karenanya untuk menciptakan suatu bangunan shopping mall yang mampu memberikan daya tarik dan untuk menghindari kejenuhan (kebosanan) pengunjung harus dimulai dari pengolahan bentuk dan ruang yang mutatif yang diterjemahkan dari respon terhadap perubahan yang terjadi dalam masyarakat dan lingkungan serta respon perancang yang merupakan faktor pendorong perubahan bangunan shopping mall. Adapun perubahan yang memberikan keberagaman/variasi bentuk dan ruang melalui pengolahan elemen arsitektur untuk mendapatkan keberagaman pengalaman indera visual yang merasakan bangunan arsitektur akan diwujudkan dengan X-Mall yang memaknai perubahan sebagai hasil dari mutasi bentuk dan ruang untuk memberikan ragam pengalaman dalam berbelanja dan berekreasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: shopping mall, sarana perbelanjaan, daya tarik, mutatif.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Apr 2013 09:31
Last Modified: 03 May 2013 09:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item