Nurtjahjana, Antonius Anggara Yudha (2014) Penggambaran Maskulinitas Pada Iklan (Studi Deskriptif Penggambaran Maskulinitas Dalam Iklan Mobil Di Surat Kabar Tribun Jogja Selama Bulan Juni-Agustus 2013). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-15.
Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
Jurnal.pdf Download (4MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan jaman, iklan yang ditujukan untuk kaum pria semakin nyak dan berkembang. Iklan yang muncul tak hanya menggambarkan bentuk fisik pria saja, namun juga dituntut untuk menampilkan hal-hal lain yang mampu memberikan gambaran sonsep maskulinitas kepada audiensnya. Iklan-iklan yang muncul pada surat kabar Tribun Jogja ini menjadi stimulus bagi audiens agar mampu menangkap pesan dari produsen mengenai bentuk mobil yang mampi memberikan gambaran akan konsep maskulinitas. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya diputuskan untuk melakukan penelitian dengan metode kualitatif. Setelah ditentukan metode penelitiannya, makan proses pengumpulan data dan sumber dimulai. Proses pengumpulan data dimulai dengan menentukan kurun waktu dimulainya penelitian, yang diputuskan mulai bulan Juni hingga Agustus 2013. Lalu proses berikutnya adalah dengan melakukan pengamatan lewat beberapa surat kabar yang secara berkala menampilkan Wan mobil di halamannya. Selanjutnya dipilihlah surat kabar Tribun Jogja sebagai sumber utama dari penelitian ini. Setelah data terkumpul, data dimasukkan ke dalam tabel tabel agar lebih mudah dianalisa. Data-data yang sudah terkumpul lalu di olah dan dicari jumlah duplikasinya dan dianalisa alasan sering atau tidaknya kemuncul iklan tersebut. Proses selanjutnya adalah dengan menganalisa tiap iklan yang munul di surat kabar Tribun Jogja untuk menemukan apa dan bagaimana saja penggambaran konsep maskulinitas yang ada pada tiap-tiap Wan yang muncul. Tentu saja tak semua iklan mobil di surat kabar Tribun Jogja yang muncul mampu menampilkan penggambaran konsep maskulinitas, namun Wan tersebut tetap dianalisa sebagai bahan perbandingan dengan iklan-iklan lainnya. Iklan yang bertemakan konsep maskulinitas tak harus selalu memunculkan konsep secara fisik seorang pria yang kuat dan berotot misalnya. Lewat penelitian ini kita bisa menyimpulkan bahwa bentuk mobil, warna, font, background, dan penempatan suatu objek dalam iklan mampu menggambarkan konsep maskulinitas. Kemudian pada penelitian selanjutnya yang memiliki konsep penggambaran maskulinitas, dapat lebih dalam menggali tentang seberapa besar suatu iklan mampu menampilkan penggambaran konsep maskulinitas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggambaran, maskulinitas dalam iklan, mobil |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 09:50 |
Last Modified: | 21 Jan 2015 09:50 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6560 |
Actions (login required)
View Item |