Efek Media Program Acara Laptop Si Unyil Di Trans 7 Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Efek Media Program Acara Laptop Si Unyil Di Trans 7 Ditinjau Dari Sisi Edukasi pd Siswa SD N Kledokan)

DAMALEDO, YANDRI DANIEL (2014) Efek Media Program Acara Laptop Si Unyil Di Trans 7 Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Efek Media Program Acara Laptop Si Unyil Di Trans 7 Ditinjau Dari Sisi Edukasi pd Siswa SD N Kledokan). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-15.

[img] Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
Jurnal.pdf

Download (653Kb)

Abstract

Saat ini perkembangan dunia pertelevisian di Indonesia terbilang cukup pesat tercatat setidaknya terdapat tiga belas stasiun televisi nasional di Indonesia. Perkembangan stasiun televisi tentunya juga tidak terlepas dari kemajuan teknologi saat ini. Program Laptop Si Unyil di Trans 7 merupakan salah satu program yang bersifat edukasi yang layak ditonton oleh anak-anak, karena mengandung unsur pendidikan yang menyajikan berbagai informasi seputar teknologi, pengetahuan umum, kuliner maupun wisata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efek media program Laptop Si Unyil di Trans 7 pada siswa sekolah dasar apabila ditinjau dari sisi edukasi program tersebut khususnya pada siswa SD N Kledokan, Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori efek media massa dengan tiga pendekatan yaitu efek kognitif, efek afektif dan efek behavioral. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa, efek yang timbul pada lima narasumber pada masing-masing pendekatan umumnya sama, terutama pada aspek kognitif dan afektif. Namun hal berbeda justru ditemui pada efek behavioral, yang mana dari kelima narasumber hanya terdapat satu narasumber yang memiliki efek behavioral.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media massa, televisi, efek media, dan khalayak.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jan 2015 09:48
Last Modified: 22 Jan 2015 09:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6575

Actions (login required)

View Item View Item