PENGARUH EFEKTIVITAS PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILTY (CSR) TERHADAP CITRA PT PLN (PERSERO) AREA YOGYAKARTA (Studi Kasus Program CSR Pemeriksaan Kesehatan, Pengadaan Alat Peraga untuk PAUD dan Pengadaan Gudang Daun Cengkeh dan Daun Nilam)

Surbakti, Srinita Novalia (2014) PENGARUH EFEKTIVITAS PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILTY (CSR) TERHADAP CITRA PT PLN (PERSERO) AREA YOGYAKARTA (Studi Kasus Program CSR Pemeriksaan Kesehatan, Pengadaan Alat Peraga untuk PAUD dan Pengadaan Gudang Daun Cengkeh dan Daun Nilam). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-17.

[img] Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
jurnal skripsi.pdf

Download (779kB)

Abstract

Citra merupakan tujuan pokok sebuah perusahaan. Terciptanya suatu citra perusahaan yang baik dimata komunitas lokal akan banyak menguntungkan perusahaan, misalnya komunitas lokal mendukung setiap program yang dilaksanakan oleh perusahaan ataupun untuk pengamanan aset perusahaan. Perusahaan dapat memberikan kesejahteraan dan kemandirian bagi para komunitasnya melalui program CSR. Misalnya PT PLN (Persero) Area Yogyakarta yang memberikan bantuan pemeriksaan kesehatan, posyandu, alat peraga edukasi PAUD dan pembangunan gudang unutk tempat produksi hasil tani warga Desa Gerbosari. Hal ini akan membuat komunitas menjadi sejahtera. Program CSR bukan sebagai kosmetik perusahaan, tetapi memang benar-benar dijalankan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini berjenis eksplanatif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey. Sampel dalam penelitian ini diambil melalui teknik total sampling dengan jumlah responden sebanyak 164 responden. Pengujian hubungan antara efektifitas program CSR terhadap citra perusahaan adalah dengan menggunakan uji korelasi product moment, sedangkan untuk menguji pengaruh efektivitas program CSR terhadap citra perusahaan menggunakan uji regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil uji korelasi product moment menunjukkan bahwa efektivitas program CSR (X) berhubungan secara positif yang tinggi dan kuat terhadap citra perusahaan (Y) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,880. Hipotesis dalam penelitian ini terbukti, yaitu ada pengaruh efektivitas program CSR terhadap citra PT PLN (Persero) Area Yogyakarta dan semakin tinggi efektivitas program CSR maka semakin tinggi citra perusahaan. Dari hasil uji regresi linear sederhana diperoleh sig 0,000 maka pengaruh yang mucul adalah signifikansi. Besar pengaruh variable X dan variable Y adalah sebesar 77,4% dan sisanya 22,6 % dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Citra Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Kemandirian, Kesejahteraan, Komunitas
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jan 2015 09:16
Last Modified: 23 Jan 2015 09:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6585

Actions (login required)

View Item View Item