PATRICIA, EUNIKE AYU (2014) Gambaran Perubahan Sosial Berdasarkan Strategi Kreatif Iklan Televisi (Analisis Isi Gambaran Perubahan Sosial Berdasarkan Strategi Kreatif Iklan Televisi A Mild Tahun 2005-2014). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-16.
Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf Download (1MB) |
Abstract
The Marketing Communications Planning Framework (MCPF) menunjukkan adanya hubungan saling pengaruh antar elemen context analysis dan promotional methods. Penelitian ini melihat bagaimana perubahan sosial sebagai konteks dalam komunikasi pemasaran digambarkan dalam strategi kreatif iklan televisi sebagai salah satu media dalam metode pemasaran. Peneliti menggunakan Adaptive Structuration Theory sebagai teori dasar dalam penelitian ini. Dimensi perubahan sosial menurut Himes dan Moore dijadikan landasan teori utama dalam melihat kecenderungan perubahan sosial yang terdapat pada sampel yang diteliti. Strategi kreatif terdiri dari strategi pesan dan strategi eksekusi. Peneliti menggunakan tipologi strategi pesan yang diadaptasi dari Laskey, Fox, dan Crask. Strategi eksekusi dikategorisasikan dalam tiga bentuk, yaitu penggunaan appeals, format iklan, dan elemen audiovisual. Iklan televisi A Mild tahun 2005-2014 dijadikan sampel dalam penelitian. Penelitian dilakukan dengan menganalisis kemunculan indikator dalam pengkodingan terhadap 29 sampel iklan. Sampel yang digunakan merupakan gabungan dari tiga tema kampanye A Mild dari tahun 2005-2014, yaitu Tanya Kenapa, You Choose (Bukan Basa Basi), dan Go Ahead. Pengujian reliabilitas melalui pengkodingan dilakukan terhadap alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya kecenderungan gambaran perubahan sosial dalam dimensi kultural, seperti adanya perubahan kultur karena munculnya teknologi, munculnya isu global, dan munculnya kesenian baru. Hasil penelitian melalui pengkodingan juga dikomparasikan dengan hasil wawancara maupun temuan data dokumen melalui internet. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan adanya kecenderungan penggambaran perubahan sosial pada dimensi tertentu, yaitu dimensi kultural. Hasil wawancara juga menunjukkan hasil yang sama, bahwa iklan-iklan A Mild sering kali didasarkan pada trend yang sedang ada pada tahun klan diproduksi
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | periklanan, sosial, strategi, kreatif, rokok |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Jan 2015 09:56 |
Last Modified: | 23 Jan 2015 09:56 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6587 |
Actions (login required)
View Item |