PROSES PEMBENTUKAN KUALITAS PELAYANAN DALAM AKTIVITAS PERSONAL SELLING (Studi Deskriptif Kualitatatif terhadap Proses Pembentukan Kualitas Pelayanan dalam Aktivitas Personal Selling oleh Agen Asuransi Jiwasraya cabang Yogyakarta terhadap Calon Nasabahnya untuk Membeli Produk Asuransi)

Naibaho, Yolanda M. Naibaho (2014) PROSES PEMBENTUKAN KUALITAS PELAYANAN DALAM AKTIVITAS PERSONAL SELLING (Studi Deskriptif Kualitatatif terhadap Proses Pembentukan Kualitas Pelayanan dalam Aktivitas Personal Selling oleh Agen Asuransi Jiwasraya cabang Yogyakarta terhadap Calon Nasabahnya untuk Membeli Produk Asuransi). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-20.

[img] Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (952Kb)

Abstract

Penelitian ini berjudul Proses Pembentukan Kualitas Pelayanan dalam Aktivitas Personal Selling (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Proses Pembentukan Kualitas Pelayanan dalam Aktivitas Personal Selling oleh Agen Asuransi Jiwasraya Cabang Yogyakarta terhadap Calon Nasabahnya untuk Membeli Produk Asuransi). Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembentukan kualitas pelayanan yang dilakukan agen dalam aktivitas personal selling, melihat kebutuhan jasa asuransi semakin dirasakan oleh masyarakat ditambah persaingan yang muncul antar perusahaan asuransi menawarkan berbagai pelayanan baik sehingga agen berusaha menciptakan kualitas pelayanannya sendiri untuk mendapatkan calon nasabah. Penelitian ini dilakukan di Asuransi Jiwasraya Cabang Yogyakata yang berlokasi di JL. I Dewa Nyoman Oka No.12, Yogyakarta. Metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif, yang mana kegiatan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi menjadi kegiatan penulis dalam mengumpulkan data. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada PT. Asuransi Jiwasraya, dapat diperoleh bahwa pelayanan dalam aktivitas personal selling menjadi prioritas untuk menarik perhatian calon nasabah. Agen Asuransi Jiwasraya memberikan pelayanan dalam empat aktivitas yaitu dalam menentukan calon nasabah, mengadakan komunikasi, memberikan pelayanan, dan meningkatkan kemampuan diri. Meskipun masih ditemukan beberapa kekurangan didalam memberikan pelayanan jasa yang terbaik dan memuaskan, terutama pada saat melakukan presentasi sebaiknya agen memperhatikan bahasa yang umum digunakan kepada calon nasabah. Penjualan akan berjalan baik apabila agen sadar akan kualitas pelayanan dirinya sendiri baik dalam hal pengetahuan dan kemampuan agen dalam mendekati calon nasabah. Saran yang disampaikan bahwa PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Yogyakarta dituntut untuk mengevaluasi pelayanan yang diberikan terutama dalam aktivitas personal selling terutama pada bagian communication skill.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Personal Selling
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jan 2015 08:25
Last Modified: 26 Jan 2015 08:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6594

Actions (login required)

View Item View Item