DAMANIK, RUDOLFO RIZKI (2014) ANALISIS PEMBANGKITAN POLA PADA DATA CALON MAHASISWA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DENGAN METODE KLASTERISASI. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
MTF001845.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
MTF101845.pdf Download (352kB) |
|
Text (Bab II)
MTF201845.pdf Download (475kB) |
|
Text (Bab III)
MTF301845.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
Text (Bab IV)
MTF401845.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab V)
MTF501845.pdf Download (869kB) |
Abstract
Promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan untuk keberhasilan bagi suatu perusahaan atau organisasi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) pun membutuhkan segmentasi pasar dalam melakukan promosinya. Dengan adanya penetepan segmentasi pasar ini, UAJY akan terbantu menentukan titik-titik strategis pasar untuk promosinya. Penentuan segmentasi pasar menggunakan metode penambangan data yaitu K-Means dan Fuzzy C-Means. Penelitian juga membandingkan performansi kedua metode ini, dan menganalisis hasil klaster yang dibangkitkan. Data uji diambil dari data calon mahasiswa baru dari tahun 2010 – 2013. Dalam pengujian dengan 200 data diperoleh waktu proses komputasi metode K-Means memakan waktu yang lama daripada metode Fuzzy C-Means, dengan perbandingan 8.8 : 1. Hasil klaster yang didapatkan dari metode K-Means dan Fuzzy C-Means tidak jauh berbeda, hanya dalam kecepatan komputasi yang berbeda dimana metode Fuzzy C-Means lebih unggul daripada metode K-Means.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | promosi, segmentasi pasar, penambangan data, K-Means, Fuzzy C-Means. |
Subjects: | Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 Jan 2015 10:11 |
Last Modified: | 29 Jan 2015 10:11 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6642 |
Actions (login required)
View Item |