AKTIVITAS KAMPANYE PEMILIHAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF DPRD I DAN EFEKNYA PADA PEROLEHAN SUARA (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pemilihan Calon Anggota Legislatif DPRD I Daerah Pilihan Daerah Istimewa Yogyakarta 5)

Mutiara, Agnes Ponco (2014) AKTIVITAS KAMPANYE PEMILIHAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF DPRD I DAN EFEKNYA PADA PEROLEHAN SUARA (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pemilihan Calon Anggota Legislatif DPRD I Daerah Pilihan Daerah Istimewa Yogyakarta 5). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-16.

[img] Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (918kB)

Abstract

Pemilihan umum tahun 2014 yang menggunakan sistem proposional terbuka membuat para kandidat yang ikut dalam pemilihan umum harus bersaing ketat. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh calon legislatif adalah dengan melakukan aktivitas kampanye dengan berbagai media. Media kampanye yang dimaksudkan adalah media peraga kampanye, media tatap muka, media sosial dan media massa. Segala upaya calon legislatif dalam melakukan kegiatan aktivitas kampanye akan membuahkan hasil jika kampanye dilakukan lebih sering atau dalam intensitas yang tinggi. Beragamnya jenis kampanye yang dilakukan tentu berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan, semakin banyak jenis aktivitas kampanye dilakukan maka biaya yang dikeluarkan juga akan semakin banyak juga. Kerelaan calon legislatif untuk mengeluarkan banyak biaya tentu karena ada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut adalah memperoleh suara terbanyak sehingga berhasil menjadi anggota legislatif. Dana yang dikeluarkan dan tujuan yang tercapai akan menunjukan efek kampanye yang telah dilakukan oleh caleg.Penelitian aktivitas kampanye pemilihan calon anggota legislatif DPRD I dan efeknya pada perolehan suara ini, menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis intekatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa besarnya dana yang dikeluarkan untuk melakukan serangkaian aktivitas kampanye tidak selalu berdampak pada jumlah perolehan suara, akan tetapi ada faktor lain yang juga ikut mempengaruhi perolehan jumlah suara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kampanye politik, tujuan kampanye, efek kampanye, intensitas, dana kampanye.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Feb 2015 08:52
Last Modified: 02 Feb 2015 08:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6661

Actions (login required)

View Item View Item