NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA

Hadiprojo, Angelia Cindy (2014) NICHE MARKET STRATEGY PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN, YOGYAKARTA. Jurnal Ekonomi Manajemen. p1-10.

[img] Text (Jurnal Ekonomi Manajemen)
JURNAL.pdf

Download (666kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana cara perusahaan mengidentifikasi niche market, menentukan faktor yang penting untuk kesuksesan niche market, dan menjelaskan manfaat penerapan niche market strategy bagi perusahaan, serta menemukan peran niche market dalam industri keramik di masa depan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Penelitian dilakukan terhadap perusahaan keramik di Kasongan, Bantul, Yogyakarta yang termasuk di dalam industri niche market. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil analisis penelitian, ditemukan bahwa mayoritas perusahaan keramik di Kasongan mengidentifikasi niche market sebagai segmen pasar. Faktor yang menjadi kunci utama dalam kesuksesan niche market adalah inovasi produk dan pemanfaatan media internet sebagai metode untuk memasarkan produk dan meraih pangsa pasar yang lebih luas. Keuntungan menjadi manfaat utama bagi semua responden. Kasongan yang sudah menjadi Desa wisata dan Sentra Industri Keramik membuka jalur bagi para pengrajin dan pengusaha untuk bersaing dengan pasar impor maupun ekspor dengan harga yang lebih murah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: niche market, niche market strategy, industri keramik
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Feb 2015 10:38
Last Modified: 03 Feb 2015 10:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6700

Actions (login required)

View Item View Item