PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EVALUASI KONSUMEN TERHADAP PELEBARAN MEREK NIKE

Pratama, Theo (2014) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EVALUASI KONSUMEN TERHADAP PELEBARAN MEREK NIKE. Jurnal Ekonomi Manajemen. p1-15.

[img] Text (Jurnal Ekonomi Manajemen)
JURNAL.pdf

Download (688kB)

Abstract

Merek menjadi hal yang sangat penting bagi suatu produk. Persaingan sengit memaksa perusahaaan untuk mengadopsi strategi yang menciptakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Menciptakan sebuah nerek dengan asosiasi yang kuat adalah salah satu cara yang digunakan para perusahaan untuk menciptakan keunggulan bersaing. Salah satu strategi yang digunakan perusahaan dalam persaingan adalah pelebaran merek. Pelebaran merek adalah produk baru yang diperkenalkan dalam lini produk tertentu atau pelebaran lini produk. Hem dan Iversen (2003) mendeskripsikan pengaruh faktor-faktor evaluasi konsumen (hubungan afektif, intensi perilaku, citra diri, dan tingkat kemiripan) terhadap pelebaran merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor evaluasi konsumen (hubungan afektif, intensi perilaku loyal, citra diri, dan tingkat kemiripan) terhadap pelebaran merek Nike. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan afektif, intensi perilaku loyal, citra diri, dan tingkat kemiripan secara simultan berpengaruh terhadap pelebaran merek Nike. Hubungan afektif dan tingkat kemiripan secara parsial berpengaruh terhadap pelebaran merek Nike. Intensi perilaku loyal dan citra diri secara parsial tidak berpengaruh terhadap pelebaran merek Nike.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Merek, pelebaran merek, evaluasi konsumen, Nike.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Feb 2015 13:16
Last Modified: 03 Feb 2015 13:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6710

Actions (login required)

View Item View Item