PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MEREK NASIONAL VS MEREK GLOBAL (Eksperimen dengan metode blind dan non-blind test terhadap produk Cokelat Monggo vs Cadbury)

Sepryanto, Ricky (2014) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MEREK NASIONAL VS MEREK GLOBAL (Eksperimen dengan metode blind dan non-blind test terhadap produk Cokelat Monggo vs Cadbury). Jurnal Ekonomi Manajemen. p1-14.

[img] Text (Jurnal Ekonomi Manajemen)
JURNAL.pdf

Download (745kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji persepsi konsumen terhadap suatu produk dengan menggunakan dua metode yaitu blind dan non-blind test. Pengertian dari blind test itu sendiri adalah metode dengan memberikan cokelat kepada responden namun merek dari cokelat tersebut tidak diberitahukan kepada responden, sedangkan untuk metode non-blind test adalah metode dengan memberikan cokelat kepada respoden dengan memberitahukan merek cokelat tersebut kepada responden pada saat mencoba. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuisioner dan responden diminta untuk mencoba potongaan cokelat dengan metode blind test, kemudian responden diminta untuk mencoba kembali namun reponden diberitahukan tentang produk cokelat yang di coba. Kemudian data diolah dengan dengan mengelompokkan antara produk nasional dan produk global. Lalu masing-masing produk tersebut dibagi lagi menurut uji blind dan non-blind test. Penelitian ini menggunakan metode One Sample T-test untuk menguji persepsi umum dari masing-masing responden tehadap merek nasional maupun merek global dengan metode blind dan non-blind test. Kemudian peneliti menggunakan metode Independent sample T-test untuk menguji apakah terdapat perbedaan persepsi oleh responden pada merek nasional dan global saat diuji dengan metode blind dan nonblind test. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi konsumen pada unsur intrisik produk, spesifikasi harga dan spesifikasi merek dari merek global lebih baik saat diuji secara non blind test dibandingkan blind test. Persepsi konsumen lebih baik pada produk cokelat merek nasional dibandingkan merek global saat konsumen diuji secara blind test. Persepsi konsumen pada unsur intrisik produk, spesifikasi harga dan spesifikasi merek dari merek nasional lebih baik saat diuji secara blind test dibandingkan non blind test. Persepsi konsumen lebih baik pada produk cokelat merek global dibandingkan merek nasional saat konsumen diuji secara non blind test.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi Konsumen, Merek Nasional, Merek Global, Blind test, Non-blind Test
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:22
Last Modified: 04 Feb 2015 12:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6733

Actions (login required)

View Item View Item