ANALISIS SEKTOR-SEKTOR EKONOMI POTENSIAL DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT, TAHUN 2001-2008

HERRIYANTO, . (2011) ANALISIS SEKTOR-SEKTOR EKONOMI POTENSIAL DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT, TAHUN 2001-2008. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EP15298.pdf

Download (732Kb)
[img] Text (Bab I)
1EP15298.pdf

Download (548Kb)
[img] Text (Bab II)
2EP15298.pdf

Download (649Kb)
[img] Text (Bab III)
3EP15298.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EP15298.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1074Kb)
[img] Text (Bab V)
5EP15298.pdf

Download (828Kb)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sektor-sektor potensial selain sektor-sektor yang sudah ada di Provinsi Kalimantan Barat. Obyek dalam penelitian ini adalah PDRB provinsi Kalimantan Barat dan PDB nasional atas dasar harga konstan 2000 dari tahun 2001-2008. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Dalam skripsi ini menggunakan model basis ekonomi yang tercermin pada analisis Location Quotient (LQ) yang dilengkapi dengan analisis Shift Share, dan Tipologi Klassen. Selain untuk mengetahui sektor potensial untuk dijadikan sektor basis, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang pola dan struktur pertumbuhan sektoral suatu daerah, yang terbagi dalam sektor yang prima, berkembang, potensial dan terbelakang. Berdasarkan hasil analisis Location Quotient (LQ), diperoleh lima sektor yang paling strategis dan potensial untuk dikembangkan, yaitu sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan; sektor konstruksi; sektor perdagangan, hotel dan restoran; sektor pengangkutan dan komunikasi; dan sektor jasajasa. Kelima sektor tersebut memiliki nilai LQ > 1 artinya sektor ini sudah mampu mencukupi kebutuhan masyarakat yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Sedangkan berdasarkan analisis shift share, diperoleh enam sektor yang memiliki Dj positif (pertumbuhan cepat), yaitu sektor listrik, gas dan air bersih; sektor konstruksi; sektor perdagangan, hotel dan restoran; sektor pengangkutan dan komunikasi; sektor jasa-jasa serta sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan. Selanjutnya berdasarkan analisis Tipologi Klassen diperoleh satu sektor prima yaitu: Sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan. Dan satu sektor potensial yaitu sektor industri pengolahan dan sektor perdagangan, hotel dan restoran. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan merupakan sektor ekonomi yang paling strategis dan potensial untuk dikembangkan di Provinsi Kalimantan Barat. Sektor ini merupakan sektor yang menyumbangkan PDRB terbesar bagi provinsi Kalimantan Barat, berkisar antara 5-7 miliar rupiah tiap tahunnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sektor-Sektor ekonomi Potensial, Analisis Location Quotient (LQ), Analisis Shift Share, Tipologi Klassen
Subjects: Ilmu Ekonomi > Pembangunan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Apr 2013 10:43
Last Modified: 03 May 2013 11:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item