LOLOLAEN, BINTANG SALEMPANG (2014) PENGARUH PENAMBAHAN KARET BAN-DALAM BEKAS SEBAGAI BAHAN TAMBAH TERHADAP SIFAT MARSHALL HRA ( HOT ROLLED ASPHALT ). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TS013646.pdf Download (174kB) |
|
Text (Bab I)
TS113646.pdf Download (59kB) |
|
Text (Bab II)
TS213646.pdf Download (89kB) |
|
Text (Bab III)
TS313646.pdf Download (136kB) |
|
Text (Bab IV)
TS413646.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
Text (Bab V)
TS513646.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
Text (Bab VI)
TS613646.pdf Download (1MB) |
Abstract
Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat yang memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam menunjang pengembangan dan pembangunan suatu daerah. Dengan adanya jalan raya maka perjalanan dari suatu tempat ketempat yang lain dapat ditempuh dengan mudah, sehingga interaksi antar individu dapat ditingkatkan. Berbagai upaya yang dilakukan untuk pengembangan jalan antara lain adalah dengan meningkatkan kualitas dari kondisi fisik jalan tersebut, agar dapat mendukung lancarnya pergerakan orang, barang dan jasa. Pemilihan ban-dalam bekas ban motor sebagai bahan tambah additive dilakukan karena ban dalam bekas merupakan kategori limbah padat yang mudah didapatkan. Dalam penelitian ini upaya peningkatan kualitas jalan dilakukan dengan menambahkan potongan karet ban-dalam bekas ban motor kedalam campuran aspal Hot Rolled Asphalt (HRA) sebesar ( 0%, 4%, 5% dan 6% ) terhadap kadar aspal sebesar ( 6%, 6,5%, 7% dan 7,5% ) menggunakan pengujian Marshall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis campuran (HRA) Hot Rolled Asphalt setelah dicampur dengan bahan tambah additive yaitu karet ban-dalam bekas ban motor terhadap sifat Marshall Test dalam hal ini ialah mengacu pada Spesifikasi umum Divisi-6 perkerasan aspal, Direktorat Jenderal Bina Marga,(2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai density semuanya memenuhi syarat, kemudian nilai VFWA semuanya memenuhi syarat terkecuali pada kadar aspal 6% di kadar additive 4% - 6%. Nilai VITM yang memenuhi syarat mengandung kadar aspal 6% tanpa additive, pada kadar aspal 6,5% di additive 4%, pada kadar aspal 6% dan 6,5% di additive 5%, serta terdapat di kadar aspal 6% - 7% pada additive 6%. Nilai Flow yang memenuhi syarat pada kadar additive 5% di kadar aspal 6,5% - 7,5% serta additive 6% pada kadar aspal 6%, 7% dan 7,5%. Semua nilai stabilitas dan nilai QM memenuhi syarat. Kadar aspal optimum diperoleh pada campuran aspal 7% dengan penambahan additive sebesar 5% dan 6%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karet ban-dalam bekas, Hot Rolled Asphalt, Marshall Test, kadar aspal optimum |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Feb 2015 08:09 |
Last Modified: | 10 Feb 2015 08:09 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6793 |
Actions (login required)
View Item |