LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SEKOLAH TINGGI MUSIK KLASIK DI YOGYAKARTA

MEILANI, . (2012) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SEKOLAH TINGGI MUSIK KLASIK DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TA12954.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TA12954.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
1TA12954.pdf

Download (886kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TA12954.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab IV)
4TA12954.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5TA12954.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (Bab VI)
6TA12954.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Lembaga pendidikan di kota Yogyakarta baik itu formal maupun nonformal semakin menjamur. Namun ironisnya, di kota yang dikenal sebagai kota pelajar dan budaya ini, pendidikan musik masih saja “dianaktirikan” dan dianggap kurang menjanjikan untuk pekerjaan di masa depan. Padahal minat masyarakat Yogyakarta terhadap musik tergolong tinggi dan makin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, adanya Sekolah Tinggi Musik Klasik sebagai sekolah formal yang mengkhususkan pendidikan dalam bidang musik klasik ini diharapkan dapat mengikis anggapan buruk tersebut. Konsep rancangan bangunan sekolah tersebut ialah harmoni yang merupakan elemen penting dalam menciptakan keindahan (estetika) musik, khususnya musik klasik. Konsep tersebut diterapkan pada rancangan bangunan melalui tatanan bentuk dan fasad dengan pendekatan integrity, proportion dan clarity musik klasik. Thomas Aquinas menyatakan integrity, proportion dan clarity merupakan tiga karakter utama dari estetika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Yogyakarta, Sekolah Tinggi Musik Klasik, Harmoni, Bentuk dan Fasad
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Apr 2013 12:46
Last Modified: 03 May 2013 09:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item