PERANCANGAN JASA PADA SALON & SPA MADINA DI KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA

HEHANUSSA, PATRICIA GLORYA (2014) PERANCANGAN JASA PADA SALON & SPA MADINA DI KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TI006167.pdf

Download (637kB)
[img] Text (Bab I)
TI106167.pdf

Download (167kB)
[img] Text (Bab II)
TI206167.pdf

Download (405kB)
[img] Text (Bab III)
TI306167.pdf

Download (174kB)
[img] Text (Bab IV)
TI406167.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (Bab V)
TI506167.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text (Bab VI)
TI606167.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jasa merupakan usaha yang berkaitan erat dengan pelanggan. Produk yang dihasilkan tidak berwujud (intangible good) namun berupa pelayanan yang langsung dirasakan oleh pelanggan. Oleh karena itu, sebagai usaha baru, salon & spa bernama Madina, yang terletak di Jalan Bantul, Yogyakarta ini penting untuk menyediakan kualitas pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta untuk memiliki keunggulan kompetitif agar dapat berkompetisi dengan pesaing-pesaing lainnya. Dalam mencapai tujuan tersebut perlu adanya rancangan jasa dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD) for Services. Hasil yang didapatkan dari QFD for Services ini adalah voice of customer, yaitu penataan interior dan layout ruangan yang baik, kebersihan, kerapian, dan kenyamanan ruangan salon, kelengkapan, kesiapan, dan kebersihan alat-alat yang dipakai, kerapian dan kebersihan penampilan karyawan, ketersediaan free wifi, kenyamanan selama perawatan atau menunggu giliran, adanya alunan musik yang membuat pelanggan rileks, aroma salon yang selalu harum dan membuat pelanggan rileks, menu pelayanan yang ditawarkan lengkap, kualitas jasa yang diberikan sesuai dengan yang dijanjikan, karyawan cepat tanggap dalam memberi pelayanan, karyawan dapat langsung menjawab pertanyaan atau menyelesaikan keluhan pelanggan (product knowledge), kecakapan karyawan dalam memberikan pelayanan sehingga memberikan rasa aman/ percaya kepada pelanggan, waktu pelayanan dibuka dan ditutup sesuai dengan jam operasi salon, informasi mengenai jasa yang ditawarkan lengkap dan jelas, serta pelayanan yang ramah dari setiap karyawan. Dalam mewujudkan voice of customer tersebut, dilakukan rancangan jasa, yaitu memberikan pelatihan kepada karyawan, menetapkan standar sikap karyawan, menetapkan prosedur kerja karywan, merekrut karyawan yang berkompeten, menyiapkan tempat penyimpanan bahan-bahan dan alat perawatan, ruangan salon dibuat tertutup (tidak bisa terlihat dari luar), memberi pengharum ruangan otomatis, memberi aromaterapi di ruangan spa, menyediakan sofa yang nyaman untuk pelanggan, memutar musik yang membuat pelanggan rileks, memasang free wifi untuk pelanggan, menyediakan alat-alat kebersihan dan tempat penyimpanannya, menyediakan daftar menu layanan, mengatur instalasi listrik, menggunakan warna cat yang natural, menyediakan layanan perawatan rambut dan tubuh yang beragam, menetapkan waktu kerja karyawan dan tata tertib, mengatur letak ruangan yang berhubungan agar tidak terlalu jauh, mempekerjakan cleaning service, mengecek persediaan dan inventaris salon setiap hari, mencuci handuk setiap habis pakai, menyediakan bahan bacaan, menyediakan seragam untuk karyawan, dan menerapkan aturan berpenampilan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: jasa, perancangan jasa, quality function deployment
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2015 08:07
Last Modified: 17 Feb 2015 08:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6839

Actions (login required)

View Item View Item