PENGUJIAN ANALISIS CLUSTER TERHADAP NILAI-NILAI DAN PERILAKU KONSUMSI DARI PEMILIK HEWAN PELIHARAAN

Agustin, Fanny (2015) PENGUJIAN ANALISIS CLUSTER TERHADAP NILAI-NILAI DAN PERILAKU KONSUMSI DARI PEMILIK HEWAN PELIHARAAN. Jurnal Ekonomi Manajemen. p1-15.

[img] Text (Jurnal Ekonomi Manajemen)
JURNAL.pdf

Download (961Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kelompok segmentasi yang terbentuk berdasarkan dimensi dari hubungan antara pemilik dengan hewan peliharaannya terhadap perilaku konsumsi pemilik. Sampel dalam penelitian ini adalah pemilik hewan peliharaan di Jakarta yang pernah melakukan pembelian jasa untuk hewan peliharaannya sebanyak 3 kali. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner pada 255 responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif statistik, analisis cluster, oneway ANOVA, dan analisis crosstabs dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terbentuk 3 cluster sebagai segmen pemilik hewan peliharaan. Cluster 1 adalah pemilik dengan hubungan yang kuat terhadap hewan peliharaan mereka. Cluster 2 adalah pemilik dengan sifat anthropomorphism, di mana pemilik menganggap hewan peliharaan mereka sebagai sesama manusia. Cluster 3 adalah pemilik dengan hubungan yang lemah terhadap hewan peliharaan mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Segmentasi, Nilai-nilai konsumsi, Perilaku konsumsi, Analisis cluster
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Mar 2015 12:10
Last Modified: 11 Mar 2015 12:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7007

Actions (login required)

View Item View Item