ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA AREA BLACK SPOT DI RUAS JALAN YOGYA-MAGELANG ANTARA KM 4-KM 17

Lestari, Rita Indah Nambi (2015) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA AREA BLACK SPOT DI RUAS JALAN YOGYA-MAGELANG ANTARA KM 4-KM 17. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS013808.pdf

Download (259kB)
[img] Text (Bab I)
TS113808.pdf

Download (81kB)
[img] Text (Bab II)
TS213808.pdf

Download (83kB)
[img] Text (Bab III)
TS313808.pdf

Download (86kB)
[img] Text (Bab IV)
TS413808.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (Bab V)
TS513808.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (Bab VI)
TS613808.pdf

Download (411kB)

Abstract

Peran dari sebuah sarana dan prasarana transportasi yang baik sangat dibutuhkan, karena fungsi dari transportasi adalah mendukung segala aktifitas dalam melayani pergerakan manusia ataupun barang dan jasa. Dan apabila arus lalu lintas disuatu daerah lancar, efektif dan efisien, makan akan dapat mengimbangi perkembangan yang terjadi dalam bidang ekonomi, maupun kegiatan sosial pada daerah tersebut. Pengambilan data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas akhir ini dimulai pada minggu terakhir bulan Oktober 2014 dan berakhir pada awal bulan Desember 2014. Data primer yang digunakan adalah data keadaan fisik dan topografi disekitar ruas jalan Yogya-Magelang, fasilitas pelengkap jalan, tata guna lahan dan pengukuran kecepatan kendaraan pada saat melewati area black spot. Data sekunder diperoleh dari lembaga pemerintah yang berkaitan dengan tugas akhir yang di buat, seperti data kecelakaan lali lintas dari POLRES Sleman dan data geometrik dari Bina Marga setelah itu dianalisis menggunakan metode Inventarisasi data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa lokasi black spot yang terdapat pada Sta 7+000 dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada lokasi ini selama 3 (tiga) tahun yaitu sebanyak 53 kasus. Penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling tinggi adalah faktor manusia, dimana pengendara sering memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi yaitu 71.7475 km/jam melewati kecepatan rerata yang direncanakan 60 km/jam. Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas yang terlibat selama 3 tahun belakangan ini yaitu sebanyak 163 kasus. kecelakaan lalu lintas yang terjadi sejak tahun 2013 semakin menurun, karena adanya median jalan dan juga fasilitas pelengkap jalan pada area black spot ini sudah termasuk baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, black spot, kecepatan, fasilitas pelengkap jalan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Mar 2015 12:11
Last Modified: 23 Mar 2015 12:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7072

Actions (login required)

View Item View Item