EVALUASI TINGKAT PELAYANAN RUAS JALAN RAYA ENTROP DI KOTA JAYAPURA, PROVINSI PAPUA

YAPPO, FERONIKA (2015) EVALUASI TINGKAT PELAYANAN RUAS JALAN RAYA ENTROP DI KOTA JAYAPURA, PROVINSI PAPUA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS013336.pdf

Download (193kB)
[img] Text (Bab I)
TS113336.pdf

Download (265kB)
[img] Text (Bab II)
TS213336.pdf

Download (65kB)
[img] Text (Bab III)
TS313336.pdf

Download (183kB)
[img] Text (Bab IV)
TS413336.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (Bab V)
TS513336.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text (Bab VI)
TS613336.pdf

Download (639kB)

Abstract

Ruas Jalan Raya Entrop merupakan salah satu ruas jalan di Jayapura yang merupakan jalan utama menghubungkan Kota Jayapura dan Distrik Abepura.Ruas jalan ini memiliki tingkat kepadatan lalu lintas serta hambatan samping yang tinggi terutama pada jam-jam sibuk. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa lembaga pendidikan di sekitar ruas jalan ini, akibatnya sering terjadi tundaan kendaraan dan kemacetan arus lalu lintas pada jalan tersebut. Pengambilan data lapangan, berupa volume lalu lintas, waktu tempuh dan hambatan samping yang dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada hari Jumat, Sabtu, Minggu dan Senin tanggal 31 Oktober,01 November, 02 November, 03 November 2014 pada jam-jam sibuk, yaitu : pagi pukul 06.00-08.00WIT ; siang pukul 12.00- 14.00 WIT dan sore 16.00-18.00 WIT. Hasil masing-masing penelitian dipilih jam puncak tertinggi yang akan digunakan untuk analisis menggunakan MKJI 1997 untuk mengetahui kinerja jalan. Hasil analisis data lapangan saat jam puncak pada hari Senin, 03 November 2014, pukul 06.00-08.00WIT, diketahui bahwa nilai hamabtan samping Jalan Raya Entrop sebesar 627 yang dikategorikan sebagai kelas hambatan samping tinggi. Derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,55< 0,75 dengan tingkat pelayanan sebesar 0,55. Dengan melakukan pelebaran jalan ,maka DS menjadi 0,40 dan tingkat pelayanan sebesar 0,40.Untuk megatasi permasalahan tersebut maka peneliti memberikan solusi dengan pelebaran jalan. Apabila keadaan di lapangan sudah mulai terjadi kejenuhan dapat dilanjutkan dengan alternatif lain sesuai dengan perkembangan keadaan di lapangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat pelayanan,volume kendaraan,hambatan samping, derajat kejenuhan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Mar 2015 08:00
Last Modified: 27 Mar 2015 08:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7098

Actions (login required)

View Item View Item