PENGEMBANGAN APLIKASI SIMULASI DAN PEMODELAN 3 DIMENSI PENCARIAN RUANG MENGGUNAKAN VRML

FRANKY YUSTANTO KAHONO, IGNATIUS (2008) PENGEMBANGAN APLIKASI SIMULASI DAN PEMODELAN 3 DIMENSI PENCARIAN RUANG MENGGUNAKAN VRML. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF04220.pdf

Download (215Kb)
[img] Text (Bab I)
1TF04220.pdf

Download (76Kb)
[img] Text (Bab II)
2TF04220.pdf

Download (185Kb)
[img] Text (Bab III)
3TF04220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TF04220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1107Kb)
[img] Text
5TF04220.pdf

Download (362Kb)
[img] Text (Bab V)
5TF04220.pdf

Download (362Kb)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat terutama dalam bidang komputer, pemanfaatan simulasi untuk pembuatan rekayasa suatu keadaan yang nyata juga semakin meningkat. Simulasi dapat menjadi andalan dalam dunia multimedia sebagai metode informasi yang baru yang didukung oleh aspek-aspek multimedia (audio, video, teks, animasi dan grafik), sehingga informasi yang disampaikan menjadi lebih mudah diterima dan user-friendly. Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan latar belakang tersebut, maka dibuat perangkat lunak simulasi pencarian ruang yang dapat digunakan sebagai suatu media informasi, agar pengguna dapat mengetahui letak suatu ruangan secara lebih jelas dan nyata. Perangkat lunak simulasi pencarian ruang dengan visualisasi 3D ini ditujukan untuk mahasiswa Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang ingin mengetahui informasi tentang ruang kuliah di Program Studi Teknik Informatika. Perangkat lunak simulasi pencarian ruang ini dibuat dengan menggunakan VRML 2.0 (Virtual Reality Modelling Language) sebagai tools bahasa pemrograman dan 3D Studio Max 7 sebagai tools perancangan animasi 3 Dimensi. Perangkat lunak simulasi pencarian ruang ini telah berhasil dirancang dan diimplementasikan. Pengujian perangkat lunak ini menggunakan 2 metode yaitu pengujian fungsionalitas dan pengujian sistem oleh responden. Pengujian fungsionalitas meliputi deskripsi serta kesesuaian tampilan dengan proses yang didapatkan yang dilakukan oleh pembuat aplikasi. Pengujian responden dilakukan kepada 30 responden baik mahasiswa maupun masyarakat umum untuk mencoba perangkat lunak simulasi pencarian ruang secara keseluruhan. Dengan selesainya perangkat lunak simulasi pencarian ruang ini, maka penulis telah berhasil membangun sebuah perangkat lunak dengan menggunakan VRML 2.0 dan 3D Studio Max 7.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: simulasi, pencarian, multimedia, 3D, VRML
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Apr 2015 09:22
Last Modified: 15 Apr 2015 09:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7133

Actions (login required)

View Item View Item