DESIANTI, MONICA RENDA (2009) PENGEMBANGAN APLIKASI KECERDIKAN ANAK DENGAN TAKTIK BIOSMART BERBASIS MULTIMEDIA. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TF04739.pdf Download (206kB) |
|
Text (Bab I)
1TF04739.pdf Download (97kB) |
|
Text (Bab II)
2TF04739.pdf Download (258kB) |
|
Text (Bab III)
3TF04739.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
Text (Bab IV)
4TF04739.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text (Bab V)
5TF04739.pdf Download (1MB) |
Abstract
Menurut kamus Bahasa Indones cerdik artinya panjang akal, tidak dapat ditipu. Anak yang cerdik selalu dapat mencari jalan keluar dalam setiap kesukaran dan kesulitan. Pengembangan aplikasi kecerdikan anak dengan taktik biosmart berbasis multimedia ini memiiiki beberapa fungsionalitas, seperti pengertian kecerdikan anak, pembentukan kecerdikan anak dengan taktik Biosmart serta contoh permainan yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengembangkan potensi kecerdasan anak. Kecerdikan penting untuk anak karena memiliki anak yang mampu berkembang dan beradaptasi akan lebih unggul. Aplikasi ini ditujukan bagi anak umur 4-6 tahun karena pada usia din±, otak anak sedang berkembang, dan saatnya untuk mengajak mengerti tentang penguasaan prinsip dasar belajar dan orang tua berperan untuk mengembangkan setiap potensi yang dimiliki anak. Aplikasi ini berbasis desktop dan dibuat menggunakan Macromedia Director MX 2004, Adobe Photoshop CS2, Macromedia Flash 8, Pinnacle Studio Plus 10 dan Cool Edit Pro 2.0. Melalui metode ini dapat dibuat suatu tampilan dengan kombinasi warna, gambar, teks, suara, video dan animasi yang menjadikan aplikasi ini menarik. Dari hasil pengujian aplikasi berdasarkan fungsionalitas dan interaksi pengguna, yang telah dilakukan oleh 39 responden yang berasal dari orang tua, pelajar dan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa untuk tampilan aplikasi, penggunaan warna, penggunaan efek suara, kemudahan tombol navigasi, penyampaian tutorial yang informatif, animasi, teks, gambar, penyampaian informasi lewat video, penyampaian permainan yang menarik sebagian besar responden menyatakan setuju bahwa aplikasi KAB menarik untuk digunakan sebagai media pengembangan kecerdikan anak dan mengenal kemampuan anak sejak dini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdikan anak, biosmart, multimedia |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 09:27 |
Last Modified: | 28 Apr 2015 10:05 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7195 |
Actions (login required)
View Item |