PENGEMBANGAN APLIKASI KECERDIKAN ANAK DENGAN TAKTIK BIOSMART BERBASIS MULTIMEDIA

DESIANTI, MONICA RENDA (2009) PENGEMBANGAN APLIKASI KECERDIKAN ANAK DENGAN TAKTIK BIOSMART BERBASIS MULTIMEDIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF04739.pdf

Download (202Kb)
[img] Text (Bab I)
1TF04739.pdf

Download (95Kb)
[img] Text (Bab II)
2TF04739.pdf

Download (252Kb)
[img] Text (Bab III)
3TF04739.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TF04739.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8Mb)
[img] Text (Bab V)
5TF04739.pdf

Download (1384Kb)

Abstract

Menurut kamus Bahasa Indones cerdik artinya panjang akal, tidak dapat ditipu. Anak yang cerdik selalu dapat mencari jalan keluar dalam setiap kesukaran dan kesulitan. Pengembangan aplikasi kecerdikan anak dengan taktik biosmart berbasis multimedia ini memiiiki beberapa fungsionalitas, seperti pengertian kecerdikan anak, pembentukan kecerdikan anak dengan taktik Biosmart serta contoh permainan yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengembangkan potensi kecerdasan anak. Kecerdikan penting untuk anak karena memiliki anak yang mampu berkembang dan beradaptasi akan lebih unggul. Aplikasi ini ditujukan bagi anak umur 4-6 tahun karena pada usia din±, otak anak sedang berkembang, dan saatnya untuk mengajak mengerti tentang penguasaan prinsip dasar belajar dan orang tua berperan untuk mengembangkan setiap potensi yang dimiliki anak. Aplikasi ini berbasis desktop dan dibuat menggunakan Macromedia Director MX 2004, Adobe Photoshop CS2, Macromedia Flash 8, Pinnacle Studio Plus 10 dan Cool Edit Pro 2.0. Melalui metode ini dapat dibuat suatu tampilan dengan kombinasi warna, gambar, teks, suara, video dan animasi yang menjadikan aplikasi ini menarik. Dari hasil pengujian aplikasi berdasarkan fungsionalitas dan interaksi pengguna, yang telah dilakukan oleh 39 responden yang berasal dari orang tua, pelajar dan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa untuk tampilan aplikasi, penggunaan warna, penggunaan efek suara, kemudahan tombol navigasi, penyampaian tutorial yang informatif, animasi, teks, gambar, penyampaian informasi lewat video, penyampaian permainan yang menarik sebagian besar responden menyatakan setuju bahwa aplikasi KAB menarik untuk digunakan sebagai media pengembangan kecerdikan anak dan mengenal kemampuan anak sejak dini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecerdikan anak, biosmart, multimedia
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Apr 2015 09:27
Last Modified: 28 Apr 2015 10:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7195

Actions (login required)

View Item View Item