ANALISIS EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS PADA SERVICE DEPARTMENT DEALER KAWASAKI "PRAKASA MOTOR"

Charissa, Cindy (2006) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS PADA SERVICE DEPARTMENT DEALER KAWASAKI "PRAKASA MOTOR". S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EA13854.pdf

Download (180Kb)
[img] Text (Bab I)
1EA13854.pdf

Download (144Kb)
[img] Text (Bab II)
2EA13854.pdf

Download (295Kb)
[img] Text (Bab III)
3EA13854.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EA13854.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191Kb)
[img] Text (Bab V)
5EA13854.pdf

Download (122Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memantau perkembangan komposisi biaya kualitas pada Service Department Dealer Kawasaki "Prakasa Motor" dalam usaha mencapai tingkat kualitas yang efektif sekaligus menilai efektivitas pengendalian kualitas perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan pengamatan langsung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tradisional; yaitu pengendalian dikatakan efektif apabila penurunan biaya kegagalan lebih besar daripada kenaikan biaya pengendalian. • Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa selama ini pengendalian biaya kualitas yang dimiliki oleh perusahaan masih belum efektif. Peningkatan biaya pengendalian biasanya disertai oleh peningkatan biaya kegagalan. Hal ini terjadi karena aktivitas training yang dilakukan oleh perusahaan masih belum memadai dan jumlah peralatan yang tidak sesuai dengan jumlah mekanik. Selain itu, perusahaan masih belum memiliki laporan biaya kualitas sehingga ketidakefektivan tidak dapat segera diketahui. Laporan biaya kualitas yang sebaiknya dimiliki oleh perusahaan adalah laporan biaya kuali. yang membagi biaya kualitas ke dalam empat komponen biya kualitas; biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan ekstemal dan membuat persentase masing-masing elemen biaya kualitas dengan penjualan dan biaya kulitas secara total dengan penjualan. Pembuatan laporan biaya kualitas dengan membagi ke dalam elemen-elemen biaya kualitas dan presentase terhadap masalah kualitas sehingga masalah yang terjadi dapat segera diatasi. Selain itu laporan biaya dapat dijadikan sebagai suatu instrumen dalam menentukan target perusahaan sekaligus sebagai instrumen penilai pecapaian target.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, pengendalian, biaya kualitas, Laporan biaya kualitas
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2015 08:38
Last Modified: 19 Jun 2015 08:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7491

Actions (login required)

View Item View Item