GAMBARAN BUDAYA POPULER IKLAN SEPAK BOLA (Analisis Isi Iklan Tabloid Bola Selama Piala Dunia FIFA Afrika Selatan 2010 di Halaman Ole Internasional)

Joedojono, Ronggo Wahyunindo (2011) GAMBARAN BUDAYA POPULER IKLAN SEPAK BOLA (Analisis Isi Iklan Tabloid Bola Selama Piala Dunia FIFA Afrika Selatan 2010 di Halaman Ole Internasional). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM01544.pdf

Download (541Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM01544.pdf

Download (200Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM01544.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1090Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM01544.pdf

Download (147Kb)

Abstract

Olahraga kegiatan yang dilakukan manusia untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Sepak bola adalah salah satu olahraga yang digemari hampir di seluruh dunia. FIFA selaku badan tertinggi sepak bola dunia mempunyai agenda tetap yaitu FIFA World Cup atau Piala Dunia FIFA. Iklan sebagai bagian dari media juga ikut berpartisipasi. Tabloid Bola sebuah tabloid yang mengkhususkan berita olahraga memiliki iklan piala dunia. Budaya populer atau disingkat budaya pop secara sederhana, budaya yang dibentuk oleh masyarakat secara tidak sadar diterima dan diadopsi secara luas dalam masyarakat. Sebagai olahraga popular sepak bola juga bisa memberikan gambaran melalui iklan yang muncul. Kemunculan iklan tersebut bisa memberikan gambaran budaya populer dalam iklan sepak bola. Iklan sebagai salah satu alat promosi muncul diberbagai media, dan di media cetak atau tabloid disebut iklan display dimana dalam iklan tersebut terdiri dari bermacam-macam iklan, yang salah satunya adalah iklan olahraga. Layout dari iklan tersebut memiliki unsur headline, body-copy dan slogan. Budaya popular muncul bersamaan dengan industrialisasi dan urbanisasi. Ciri dari budaya popular tersebut adalah memiliki tren, keseragaman bentuk, adaptabilitas, durabilitas dan profitibilitas. Penggunaan metode analisis isi digunakan untuk mencari sebuah analisis isi komunikasi secara sistematik, objektif dan kuantitatif, dimana dilihat secara nyata. Metode tersebut untuk mengungkapkan prinsip secara obyektif, sistematis, kuantitatif dan manifest. Teknik pengumpulan data menggunakan dua nara sumber dengan membatasi populasi iklan yang diteliti sebanyak 16 edisi. Temuan tersebut akan diuji realibilitasnya dan menganalisa iklan yang dijadikan sampelnya. Hasil dari penelitian tersebut adalah bahwa analisis isi iklan tersebut jika diuji secara realibilitasnya menunjukan reliabel. Temuan dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa ciri budaya populer yang paling dominan adalah ciri durabilitas dimana selalu ada pengulangan terus menerus dalam kemunculan iklan tersebut. Menunjukkan bahwa dengan adanya pengulangan tersebut maka gambaran budaya populer tersebut adalah hasil dari semua yang telah ada sebelumnya. Gambaran dari budaya populer tersebut adalah bahwa pengulangan tersebut sering muncul menunjukkan bahwa apa yang pernah ada akan selalu dipakai secara terus-menerus. Saran yang dapat diberikan dengan menggunakan apa yang telah ada maka akan lebih mudah bagi konsumen untuk menerimanya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 09:19
Last Modified: 23 Apr 2013 09:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item