PENGARUH TAYANGAN IKLAN DJARUM BLACK DI TELEVISI TERHADAP EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) PRODUK ROKOK DJARUM (Survey terhadap Perokok di Yogyakarta)

Pramuditya, Agfianto Suryawan (2011) PENGARUH TAYANGAN IKLAN DJARUM BLACK DI TELEVISI TERHADAP EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) PRODUK ROKOK DJARUM (Survey terhadap Perokok di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM01996.pdf

Download (1514Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM01996.pdf

Download (2501Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM01996.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM01996.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1025Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM01996.pdf

Download (1877Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tayangan iklan Rokok Djarum di televisi terhadap ekuitas merek (brand equity) Rokok Djarum. Penelitian ini merupakan penelitian survei kausalitas. Sampel ditentukan dengan metode simple random sampling pada masyarakat perokok di Yogyakarta, yaitu 100 responden dari populasi ratusan ribu orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah seperangkat kuesioner yang berisi daftar pernyataan tentang iklan Djarum Black di televisi. Uji coba instrumen dilakukan di Yogyakarta dengan mengambil 30 responden. Validitas setiap butir instrumen dikatakan memenuhi syarat jika memiliki nilai korelasi antar butir dengan skor total minimum 0,239 dan setelah dilakukan analisis diketahui bahwa semua butir memenuhi syarat untuk dikatakan valid. Sedangkan analisis reliabilitas menunjukkan nilai 0,947 yang sangat tinggi berada diatas 0,60, sebagai syarat untuk dikatakan reliabel. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel Tayangan Iklan Djarum Black di Televisi terhadap Brand Equity yang mana nilai Fhitung (=217,828) > F-tabel dan p = 0,000 < 0,05; terdapat pengaruh signifikan antara Tayangan Iklan Djarum Black di Televisi terhadap Brand Awareness dengan t-hitung (=88,673) > t-tabel dan p < 0,05, terhadap Brand Association dengan t-hitung (=80,944) > t-tabel dan p < 0,05, Perceived Quality dengan t-hitung (=28,518) > t-tabel dan p < 0,05, dan Brand Loyalty dengan t-hitung (=110,706) > t-tabel dan p < 0,05. Tayangan Iklan Djarum Black di televisi mampu menjelaskan perubahan variabel dependen Brand Equity sebesar 68,7%, sedangkan sisanya (31,3%) dijelaskan oleh faktor lain selain variabel Tayangan Iklan Djarum Black di Televisi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tayangan Iklan, Djarum Black, Brand Equity
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 09:24
Last Modified: 01 May 2013 08:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item