TANGGAPAN KHALAYAK TERHADAP IKLAN TV SELAI MORIN “SEGIGIT DEMI SEGIGIT” ( Studi Deskriptif tentang Tanggapan Ibu dan Anak Masyarakat Pringgolayan Condongcatur terhadap Ide Kreatif Iklan TV Selai Morin “Segigit Demi Segigit”)

Tommy, . (2011) TANGGAPAN KHALAYAK TERHADAP IKLAN TV SELAI MORIN “SEGIGIT DEMI SEGIGIT” ( Studi Deskriptif tentang Tanggapan Ibu dan Anak Masyarakat Pringgolayan Condongcatur terhadap Ide Kreatif Iklan TV Selai Morin “Segigit Demi Segigit”). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02016.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02016.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab III)
3KOM02016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Media massa adalah media yang mampu mengantarkan pesan kepada khalayak dalam jumlah besar secara cepat dan efisien, dan media televisi sudah menjadi salah satu barang kebutuhan pokok bagi kehidupan masyarakat. Iklan televisi memiliki karakteristik dan keunggulankeunggulan tertentu sebagai sebuah media penyampaian pesan dan penanaman nilai. Pembuatan sebuah iklan membutuhkan suatu kreatifitas diantaranya menggabungkan komponen-komponen yang terdapat di dalam iklan agar iklan yang dihasilkan mampu menjadi kesatuan yang menarik bagi khalayak yang melihatnya. Tujuan penelitian ini mencoba mengetahui tanggapan khalayak terhadap ide kreatif iklan televisi Selai Morin “Segigit Demi Segigit”. Kerangka konsep penelitian ini adalah ide kreatif sebuah iklan dan rumus AIDCA. Komponen-komponen dalam iklan yang diteliti adalah jargon, jingle, slogan, talent, dan logo. Sementara elemen-elemen yang digunakan dalam mengukur tanggapan khalayak terhadap iklan dalam rumus AIDCA adalah attention, interest, dan desire. Penelitian dilakukan berdasarkan metode deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data melalui focus group discussion (FGD). Objek penelitian ini adalah ibu dan anak masyarakat Pringgolayan Condongcatur yang dibagi ke dalam dua kelompok yang diperlihatkan video iklan Selai Morin “Segigit Demi Segigit”. Tanggapan khalayak terhadap ide kreatif iklan tersebut dapat diketahui dari mengkaitkan antara konsep dalam iklan dengan komponen-komponen di dalam iklan melalui elemen iklan yang dioperasionalkan. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa ide kreatif iklan Selai Morin “Segigit Demi Segigit” dinilai efektif dalam menyampaikan pesan, dilihat dari tanggapan kedua kelompok partisipan FGD yang menyukai jargon, jingle, slogan, talent, dan logo dari ide kreatif iklan Selai Morin “Segigit Demi Segigit”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan, ide kreatif, dan AIDCA.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 09:27
Last Modified: 01 May 2013 09:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item