BELANJA DI PASAR TRADISIONAL MASIH MENARIKKAH BAGI GENERASI MILLENIAL? (STUDI PADA PASAR DI YOGYAKARTA)

Septiari, Elisabet Dita BELANJA DI PASAR TRADISIONAL MASIH MENARIKKAH BAGI GENERASI MILLENIAL? (STUDI PADA PASAR DI YOGYAKARTA). [Research]

[img] Text (Penelitian Ekonomi Manajemen)
EM83401.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan pasar modern yang berkembang pesat mengakibatkan keberadaan pasar tradisional terancam. Jumlah pasar tradisional berkurang karena kalah bersaing dengan pasar modern, kondisi alam, dan beberapa faktor lainnya. Sebenarnya pada pasar tradisional terdapat karakteristik yang tidak dapat dijumpai di pasar modern, yaitu sistem tawar menawar dan nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung apabila melakukan transaksi di pasar tradisional. Penelitian ini berfokus pada generasi millennial sebagai subyek penelitian, yaitu yang saat ini berumur minimal 23 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi persepsi dan minat generasi millenial mengenai pasar tradisional, lebih spesifik lagi mengenai motivasi generasi millenial memilih berbelanja di pasar tradisional. Penelitian kualitatif ini melibatkan lima belas informan yang sering berbelanja ke pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mereka berbelanja ke pasar tradisional adalah untuk mendapatkan bahan makanan yang segar, mendapatkan harga yang terjangkau, menyukai kegiatan tawar menawar, dan karena lokasi yang dekat dengan tempat tinggal.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: pasar tradisional, kualitatif, generasi millennial, tawar menawar, harga, lokasi
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jul 2015 09:19
Last Modified: 28 Jul 2015 09:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7679

Actions (login required)

View Item View Item