EVALUASI PENGARUH PENEMPATAN HALTE BUS TRANS JOGJA TERHADAP JALUR LAMBAT DI RINGROAD YOGYAKARTA

Gultom, Alfri Fajar (2012) EVALUASI PENGARUH PENEMPATAN HALTE BUS TRANS JOGJA TERHADAP JALUR LAMBAT DI RINGROAD YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS12607.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS12607.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS12607.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS12607.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS12607.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (Bab V)
5TS12607.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS12607.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Yogyakarta yang terkenal dengan kota pelajar dan wisata memiliki tingkat pertumbuhan penduduk cukup besar. Tiap tahunnya banyak pelajar yang datang dan menetap di Yogyakarta. Selain itu, jumlah wisatawan tiap bulannya banyak yang datang ke Yogyakarta. Peningkatan jumlah penduduk ini mengakibatkan pentingnya sarana transportasi dan akhirnya menjadikan kota Yogyakarta menjadi padat dengan kendaraan pribadi. Untuk mengendalikan pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi, pemerintah Yogyakarta bekerjasama dengan PT. Jogja Trans Tugu (JTT) untuk menyediakan sarana transportasi massal yang dapat mengakomodasi aktivitas perjalanan penduduk Yogyakarta lewat pengoperasian Bus Trans Jogja. Ketersediaan bus Trans Jogja beserta sarana pendukungnya yaitu halte bus Trans Jogja merupakan solusi tepat bagi pengguna sarana transportasi massal di kota Yogyakarta. Namun, penempatan halte bus Trans Jogja di beberapa lokasi menimbulkan adanya masalah baru yaitu semakin sempitnya ruas jalan yang dilalui bus Trans Jogja terutama di jalur lambat Ringroad Yogyakarta. Tujuan dalam penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh dari penempatan halte bus Trans Jogja di jalur lambat Ringroad Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada hari Senin 4 Juni 2012, Kamis 7 Juni 2012, dan Minggu 10 Juni 2012. Penelitian dimulai dengan survey volume kendaraan, kecepatan kendaraan, headway dan frekuensi kedatangan bus Trans Jogja di halte-halte bus Trans Jogja yang berada dijalur lambat di Ringroad Utara Yogyakarta. Hasil survey akan diolah menggunakan metode MKJI 1997. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rerata kecepatan tempuh kendaraan dihalte Instiper 1, Binamarga, Disnaker, Instiper 2, UPN, JIH, dan Stikes Guna Bangsa minimum 29,07 km/jam yang terjadi di halte Binamaga dan maksimum 42,29 km/jam yang terjadi di halte Disnaker. Sementara halte Manggung, Monjali 2, dan Monjali 1 memiliki rerata kecepatan minimum 41,01 km/jam yang terjadi di halte Manggung dan maksimum 52,39 km/jam yang terjadi di halte Monjali 1. Rerata headway bus Trans Jogja adalah 15 menit dan frekuensi kedatangan bus Trans Jogja adalah 4 unit/jam. Hasil perhitungan waktu antrian kendaraan di halte Instiper 1, Binamarga, JIH, dan Stikes Guna Bangsa, Manggung, Monjali 2, dan Monjali 1, memiliki rentang waktu antrian kendaraan antara 4-7 detik. Sementara halte Disnaker, Instiper 2, dan UPN memiliki rentang waktu antrian kendaraan antara 7-9 detik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bus Trans Jogja, Halte Bus, Jalur Lambat, Kecepatan Kendaraan, Headway dan Frekuensi
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Apr 2013 13:08
Last Modified: 03 May 2013 13:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item