PERANCANGAN STRUKTUR JEMBATAN SISTEM RANGKA BAJA PELENGKUNG (ARCH BRIDGE) PADA JEMBATAN MUSI VI PALEMBANG – SUMATERA SELATAN

DHANESWARA, ARISTYA (2015) PERANCANGAN STRUKTUR JEMBATAN SISTEM RANGKA BAJA PELENGKUNG (ARCH BRIDGE) PADA JEMBATAN MUSI VI PALEMBANG – SUMATERA SELATAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS013645.pdf

Download (291Kb)
[img] Text (Bab I)
TS113645.pdf

Download (134Kb)
[img] Text (Bab II)
TS213645.pdf

Download (551Kb)
[img] Text (Bab III)
TS313645.pdf

Download (237Kb)
[img] Text (Bab IV)
TS413645.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360Kb)
[img] Text (Bab V)
TS513645.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2702Kb)
[img] Text (Bab VI)
TS613645.pdf

Download (1607Kb)

Abstract

Jembatan Ampera merupakan jembatan penyebrangan sungai satu-satunya yang berada di Kota Palembang yang saat ini tingkat kemacetan lalu lintas semakin meningkat. Untuk mengantisipasi tingginya kemacetan, Pemerintah Sumatera Selatan berencana membangun Jembatan Musi VI. Jembatan Musi VI direncanakan menggunakan konstruksi baja dengan sistem rangka pelengkung, dengan pertimbangan bentang Sungai Musi yang memiliki lebar ±350 meter. Total bentang jembatan adalah 400 meter dan lebar lalu lintas rencana 7 meter dengan lebar total jembatan 10,5 meter. Jembatan dibagi menjadi 3 bentang yaitu bentang utama 200 meter dan dua bentang samping 100 meter. Tinggi rangka utama (rangka lengkung) pada bentang 200 meter adalah 46 meter. Perancangan struktur jembatan mengacu pada peraturan SNI T-02-2005 tentang standar pembebanan untuk jembatan, SNI T-03-2005 tentang Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan, SNI T-12-2004 tentang Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan, SNI 2833:2008 tentang Standar Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Jembatan dan Bridge Management System Tahun 1992 (Bridge Design Code dan Bridge Design Manual) yang dirangkum dalam Peraturan Perencanaan Teknik Jembatan. Perancangan struktur jembatan meliputi perencanaan sandaran, trotoar, lantai jembatan, gelagar jembatan, rangka pemikul utama, ikatan angin dan perhitungan sambungan. Metode perencanaan komponen struktur jembatan didasarkan pada cara Perencanaan Beban dan Kekuatan Terfaktor (PBKT), sedangkan untuk kombinasi beban rencana digunakan kombinasi beban dalam batas ultimit dan batas daya layan. Beban gempa dinamis direncanakan untuk jembatan yang berada di wilayah gempa 4 (empat). Perancangan struktur dilakukan dengan bantuan program SAP2000 (Structure Analysis Program) dan hasil analisis program dilanjutkan pada perancangan setiap elemen struktur yang meliputi perhitungan kekuatan penampang dan pemeriksaan terhadap batas kekuatan yang diijinkan serta perhitungan sambungan. Penggunaan dimensi baja profil pada analisis elemen struktur telah diidealisasi untuk kemudahan pelaksanaan di lapangan dan selanjutnya diterjemahkan ke dalam gambar rencana struktur jembatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: jembatan, Musi VI, rangka baja, sistem pelengkung, Arch Bridge
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Jul 2015 09:25
Last Modified: 31 Jul 2015 09:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7700

Actions (login required)

View Item View Item