KOMUNIKASI PARTISIPATIF MELALUI PROSES KEGIATAN PANDA CLICK (Studi Kasus Pada Program Komunikasi Partisipatif Panda Click Yang Dilakukan Oleh World Wildlife Fund For Nature (Wwf) Indonesia Program Kalimantan Barat Di Desa Teluk Aur, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Propinsi Kalimantan Barat)

Hardianto, Michael Eko (2011) KOMUNIKASI PARTISIPATIF MELALUI PROSES KEGIATAN PANDA CLICK (Studi Kasus Pada Program Komunikasi Partisipatif Panda Click Yang Dilakukan Oleh World Wildlife Fund For Nature (Wwf) Indonesia Program Kalimantan Barat Di Desa Teluk Aur, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Propinsi Kalimantan Barat). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02664.pdf

Download (1010Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02664.pdf

Download (2528Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02664.pdf

Download (2453Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02664.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5Mb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02664.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1116Kb)
[img] Text (Bab V)
5KOM02664.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1944Kb)
[img] Text (Bab VI)
6KOM02664.pdf

Download (10Mb)

Abstract

Komunikasi partisipatif adalah model komunikasi yang memberikan kesempatan kepada suatu kelompok atau komunitas masyarakat untuk memproduksi dan mengelola informasi secara mandiri. Model ini mengakomodasi perspektif-perspektif masyarakat yang sebelumnya kurang diapresiasi pada model komunikasi pembangunan yang searah (tanpa proses dialog dan menempatkan pemerintah sebagai pihak yang berkuasa menentukan arah pembangunan). Melalui komunikasi partisipatif, masyarakat mampu memberdayakan diri dan mempekuat perannya di dalam pembangunan. Komunikasi partisipatif dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam medium. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan kegiatan komunikasi partisipatif yang dilakukan melalui medium fotografi. Kekuatan visual yang mampu mencairkan kesenjangan bahasa oral, membuat fotografi menjadi medium yang digunakan oleh kegiatan komunikasi partisipatif. Pada penelitian ini, peneliti membahas mengenai proses kegiatan komunikasi partisipatif melalui medium foto pada program Panda Click yang digunakan oleh organisasi lingkungan hidup World Wildlife Fund for Nature (WWF) Indonesia program Kalimantan Barat. Lokasi penelitian dilakkan di desa Teluk Aur, Kapuas Hulu. Peneliti menggunakan penelitian studi kasus yang sifatnya deskriptif kualitatif untuk meneliti topik tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa warga belum bisa mengorganisasi dirinya, terutama pada proses pasca produksi secara mandiri dalam waktu singkat. Proses pengorganisasian komunikasi melalui medium fotografi pada program Panda Click dilakukan secara gradual dengan melibatkan WWF sebagai partner. Pada konteks perubahan masyarakat, program komunikasi partisipatif perlu bekerjasama dengan kegiatan lain yang juga berfokus kepada terjadinya perubahan positif masyarakat. Melalui jaringan kerjasama dengan programprogram lain, fotografi dapat berperan dalam terbentuknya perubahan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi partisipatif, fotografi, kearifan lokal, pembangunan, lingkungan hidup, konservasi.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 13:00
Last Modified: 01 May 2013 08:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item